Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ingin Tahu Jumlah yang Menikah Selama Setahun? Ini Datanya

KUNINGAN (Mass)- Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan menyebutkan dalam setahuh jumlah yang melangsungkan perkawinan adalah 11 ribu pasang.  Jumlah tersebut sangat wajar apabila melihat jumlah penduduk Kabupaten Kuningan yang berjumlah 1,1 juta jiwa.

“Rata-rata yang nikah di Kuningan hampir 11.000/tahun. Biasanya hitungannya berdasarkan satu persen dari jumlah penduduk,” ucap Kasie Bimas Kemenag Kuningan Drs H Yusron Kholid MSi kepada kuninganmass.com Kamis (2/2/2017).

Mengenai   pernikahan dibawah umur Yusron menyebutkan, hampir tidak ada. Pihaknya selalu mengarahkan sesuai kompilasi hukum Islam dimana usia paling rendah perempuan adalah  19 tahun dan 21 tahun bagi laki-laki.

Jumlah itu lanjut dia, yang dicatat oleh KUA khusus yang beragama Islam. Diluar itu menjadi kewenangan Catatan Sipil. Pihak bersyukur jumlah yang menikah dibawah umur terus menurun.

Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya pemahaman warga. Selain itu, faktor pendidikan dari calon pengantin juga sangat berpengaruh dalam menentukan kapan harus menikah.

“Dulu boleh setelah lulus SMA langsung menikah tapi kini banyak memilih bekerja terlebih dahulu. Mereka sadar untuk membentuk keluarga sejahtera itu harus kuat ekonomi dan mental,” tandas Yusron.

Diterangkan, jumlah yang menikah dalam sebulan tidak bisa dirata-ratakan, karena warga Kuningan dalam menentukan tanggal perkawinan punya cara tersendiri. Maka, bisa dalam sebulan penuh oleh yang menggelar hajat. Begitu juga sebaliknya. (agus)

 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)-  Berdasarkan hasil zoom meeting dengan Gubernur Jawa Barat bersama Satgas penanganan covid-19 Provinsi pada hari Selasa (27/7/2021) ada kabar baik yang diperoleh....

Government

KUNINGAN (MASS)- Crisis Center Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kuningan merilis data terbaru sebaran virus corona di kota kuda. Data terbaru itu untuk tanggal...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Hari Pers Nasional tahun 2020 dipusatkan di Kalimantan Selatan. Di Provinsi yang berada di gerbang ibu negara itu akan digelar berbagai acara....

Government

KUNINGAN (MAS)- Warga Kuningan yang ingin membuat paspor untuk umroh, haji atau berangkat keluar negeri, tidak perlu jauh-jauh ke Cirebon, cukup datang enam lokasi...

Advertisement