Banjir di Cibingbin, Ternyata Bukan Kali Ini Saja

KUNINGAN (Mass) – Kejadian bencana banjir bandang di Kecamatan Cibingbin ternyata bukan kali ini saja. Dari informasi yang Kuningasmass.com peroleh kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Kaur Ekbang Desa Cibingbin Ade Abdul, kejadian banjir bandang seolah mengulang kejadian sebelumnya. Total sudah tiga kali banjir terjadi.

“Seingat saya sudah tiga kali banjir terjadi yakni tahun 1983, 2003 dan sekarang 2017,” ucap Ade kepada Kuninganmass.com, Senin pagi (23/1/2017).

Ade menyebutkan, dampak yang ditimbulkannya pun  sama seperti kali ini yaitu rumah terendam, kios pasar terendam,  dan hewan ternak juga ikut terbawa hanyut. Penyebab sama yakni terjadi pendangkalan.

Pada tahun 2003 pemdes melakukan patungan untuk menyewa beko. Alat berat tersebut untuk mengeruk agar tidak terjadi pendangkalan.

“Kami masih ingat dana yang dikeluarkan Rp15 juta, pada saat itu dana yang dikeluarkan sangat besar,” ucapnya.

Ia meminta agar kasus ini tidak terulang maka sungai Cijangkelok harus benar-benar dikeruk. Sungai harus kembali dinormalisasikan terutama alira air agar tidak mengikis bantaran sungai. (agus)

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com