Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Ikuti Festival Ramadhan, Ratusan Santri SDIT Al Fattah Antusias

GARAWANGI (MASS) – Senyum anak-anak SDIT Al Fattah Desa Lengkong Kecamatan Garawangi pada Kamis (21/4/2022) sore itu terlihat lepas. Dengan seragamnya, mereka berkumpul dan ceria bersama mengikuti acara demi acara, sambil menunggu waktu maghrib.

Ya, SDIT Al Fattah ini selama 4 hari terakhir memang tengah menggelar Festival Ramadhan. Kegiatan bulan puasa yang berlangsung mulai tanggal 17 April 2022 kemarin itu, tak pernah gagal membuat anak didiknya gembira ria, namun tetap penuh makna.

Festival Ramadhan SDIT Al Fattah sendiri memang spesial. Dari hari pertama zakat fitrah, pembukaan kampus 2 Ciawigebang, Safari Ramadhan, hingga hari terakhir yang begitu meriah yang diisi dengan bazar, santunan anak yatim, dan berbagi takjil.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hadir dalam kegiatan terakhir, istri Bupati Hj Ika Puranama, pengusaha H Rokhmat Ardian dan pengusaha lainnya seperti perwakilan dari RS Juanda yang juga ikut menyeponsori kegiatan. Acara, dihadiri ketua Yayasan Dr KH Aang Asy’ari Lc beserta keluarga besar yayasan.

Kepala sekolah SDIT Al Fattah Aliyatus Sa’diyah S HI mengatakan, kegiatan sengaja dilakukan di minggu akhir Ramadhan sebelum masuk waktu libur.

“Sengaja dibuat minggu akhir. Hari pertama kemarin zakat fitrah. Alhamdulillah partisipasinya bagus, semua murid ikut, dan sekarang (zakatnya, red) sudah disalurkan,” ujarnya.

Hari selanjutnya, anak-anak diajak ke Ciawigebang sekaligus meresmikan kampus 2 Al Fattah yang akan jadi pusat tafakuh Alquran. Nantinya, akan dibuka TKIT disana.

Lalu pada hari keempat, anak-anak juga dibawa ke kampus 3 Al Fattah di Windujanten untuk tadabbur alam. Di Windujanten ini, nantinya akan jadi pusat majelis dzikir dan majelis fikir yang dipimpin KH M Hidayat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dan hari ini, hari keempat, hari puncaknya,” tuturnya.

Di hari keempat ini, banyak yang diberikan SDIT Al Fattah untuk kegiatan sosial. Terhitung, santunan diberikan pada 100 santri. Serta pembagian takjil, dijelaskan kepsek, sampai 1000. Belum lagi kemeriahan dari bazar, serta penampilan penampilang. Semua dilaksanakan di area sekolah.

Diterangkannya, santunan dan kegiatan sosial ini bukan hanya dilakukannya pada Ramadhan ini. Anak-anak, secara rutin sebulan sekali belajar untuk berbagi. Biasanya, anak-anak belajar berbagi dengan mengisi kencleng yang disediakan wali kelas, dan dikumpulkan sebulan sekali.

“Dalam sebulan itu, biasanya dari kencleng saja terkumpul sampai 5 juta,” imbuhnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kepsek mengatakan, di sekolah yang mengusung metode belajar Yanbu’a ini, siswa sengaja diajarkan sejak kecil untuk berderma. “Dari kecil kita ajak berderma, walaupun receh, ternyata bisa jadi besar,” ucapnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Menuju penghujung Ramdhan ini, BEM Unisa mengisinya dengan menggelar pesantren kilat di Desa Babakanmulya Kecamatan Cigugur, Kegiatan yang dimulai sejak tanggal...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Karang Taruna Ancaran Bersatu Desa Ancaran Kecamatan Kuningan, pada Rabu (20/4/2022) ini baru saja menggelar kegiatan santunan anak yatim dan membagikan...

Government

KUNINGAN (MASS) – BKPSDM Kuningan menggelar kegiatan buka bersama, santunan anak yatim dan penandatangan kerjasama peningkatan pengembangan SDM, Kamis (7/4/2022) sore. Kegiatan yang bertajuk...

Social Culture

SINDANGAGUNG (MASS) – Kelompok masyarakat warga Kuningan, yang tergabung dalam Komunitas Bakung (Baraya Kuningan), melakukan bakti sosial di Desa Mekarmukti Kecamatan Sindangagung. Bakti sosial...

Advertisement