Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Ibu, Manifestasi Dari Segala Bentuk yang Dinamakan Cinta

KUNINGAN (MASS)-Malaikat tak bersayap, begitulah kalimat populer yang disampaikan ketika ditanya tentang sosok seorang Ibu. Semesta mengenal kata ibu, meski dengan bahasa dan panggilan yang berbeda. Puisi tentang Ibu telah diciptakan oleh banyak tokoh seperti Kahlil Gibran, Chairil Anwar dan penyair legendaris Zawawi Imron. Pun demikian dengan lagu, telah ada beberapa lagu terkenal untuk menggambarkan Ibu. Sebut saja lagu “Ibu” yang dipopulerkan oleh New Sakha dan tentu yang masyhur diciptakan sekaligus dinyanyikan oleh Melly Goeslaw berjudul “Bunda”. Ya, Bunda adalah panggilan/sebutan lain untuk sosok bernama Ibu. Peran Ibu terhadap perkembangan dan kesuksesan anak tentu amat sangat besar. Setidaknya ada 3 hal peran krusial seorang Ibu sebagai manifestasi cinta yang tak tergerus masa.

Ibu adalah Guru Pertama Anak

Seorang ibu memegang peranan penting dalam proses pendidikan anak. Pendidikan pertama bagi anak di lingkungan keluarga diperoleh langsung melalui seorang ibu. Dapat dikatakan, ibu adalah pendidik pertama bagi anak dalam proses pendidikannya sebelum anak mengenal jenjang pendidikan formal dari PAUD hingga pendidikan tinggi.  Bahkan sebagian pihak berpendapat bahwa kecerdasan seorang anak diturunkan dari Ibunya.

Di masa pandemic covid-19, peran ibu sebagai guru tentu kian nyata. Ketika pembelajaran tatap muka ditiadakan maka Ibu-lah yang menjadi “guru” untuk anaknya. Sosok Ibu mendampingi anak melewati masa-masa sulit perubahan proses akademik efek covid. Ibu berperan ganda, sebagai orangtua, guru, bahkan sahabat.

Ibu, Pembentuk Karakter Anak

Karakter anak dibentuk oleh orang-orang yang dekat dengan mereka dan pengaruh dari lingkungan tempat ia dibesarkan. Oleh karena itu, ibu memiliki peran yang sangat penting di sini. Usia dini merupakan usia yang bisa dibilang sebagai usia yang sangat kritis dalam pembentukan karakter seseorang. Rentang usia antara 0-6 tahun, otak anak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia ini, otak anak dapat menerima dan menyerap berbagai macam informasi.

Ada sebuah pepatah yang dikemukakan oleh Thomas Lickona yang bunyinya kurang lebih sebagai berikut : “Walaupun jumlah anak-anak hanya 25% dari total jumlah penduduk, tetapi menentukan 100% masa depan”. Secara tidak langsung, masa depan sebuah bangsa terletak pada sosok seorang ibu melalui proses pendidikan terhadap anak-anaknya.

Do’a Ibu Menembus Langit

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam berbagai sumber dikatakan bahwa Do’a Ibu terhadap anaknya sama seperti do’a Nabi terhadap umatnya. Fakta tersebut memiliki arti bahwa do’a seorang ibu dapat menembus langit bahkan tanpa hisab. Kesuksesan seorang anak bisa diraih dengan lebih mudah jika mendapat restu/ridho ibunya. Pun demikian, celaka akan menimpanya jika ia menyakiti Ibunya.

Ibu merupakan salah satu pintu surga bagi anaknya. Dalam sebuah riwayat disebutkan ibunya seorang ulama Harits al-Uqla meninggal dan ulama tersebut menangis. Ketika banyak menanyakan tentang hal itu, beliau menjawab, “Bagaimana aku tidak akan menangis, salah satu pintu surga sudah ditutup untukku”. Dalam riwayat lain juga disebutkan ketika ibunya seorang tabi’in terkenal Iyas Bin Mu’awiyah berkata: “Kana li babani maftuhani ilal-jannah faghalaqa ahadahuma” (Dahulu aku memiliki dua buah pintu yang terbuka menuju surga, sekarang sudah tertutup salah satunya).

Di akhir, sebagai penutup, ada sebuah ungkapan dari Kahlil Gibran tentang sosok seorang Ibu.

“Ibu adalah segalanya – dia adalah hiburan dalam kesedihan kita, harapan dalam penderitaan, dan kekuatan dalam kelemahan. Dia adalah sumber cinta, kasih sayang, simpati, dan ampunan. Orang yang kehilangan ibunya telah kehilangan jiwa murni yang selalu memberkati dan melindunginya”.

Selamat Hari Ibu, 22 Desember 2021.

Penulis : Nana Sutarna, M.Pd.

Dosen PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement