Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

HSN 2022, Santri Kuningan Ikuti Upacara di Pandapa Paramarta, Dihadiahi Benih dan Bibit

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu (22/10/2022) pagi ini di Pandapa Paramarta.

Nampak dalam upacara tersebut, santri-santri Kuningan ikut upacara. Hadir pula Forkopimda Kabupaten Kuningan, Kepala SKPD, Camat, Kepala KUA dan Ketua MUI se-Kabupaten Kuningan, serta tokoh agama, pimpinan ormas islam, majelis taklim dan perwakilan pondok.

Dalam upacar tersebut, Bupati Kuningan H Acep Purnama bertindak sebagai pembaca amanat upacara. Acep, membacakan pesan-pesan yang disampaikan Mentri Agama RI Yaqut Cholil.

Dikatakanya, peringatan Hari Santri ini bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan hari santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” ujar Acep.

Tahun 2022 ini, Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanuasiaan”, diterangkan Bupati, itu memiliki makna, bahwa santri dalam kesejarahannya, selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Santri dengan berbagai latar belakangnya, selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berpesan agar para santri tidak melupakan tugas utamanya, yakni menjaga agama dan selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya.

Acep mengatakan, agama ibarat mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat Hari Santri Nasional Tahun 2022, Santri Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaa,” tutupnya.

Dalam upacara itu, dilakukan juga penyerahan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupten Kuningan kepada Santri Tani (SANTANI) Kuningan, berupa benih sayuran, benih padi, bibit mangga, bibit kelapa, dan polybag, oleh Bupati Kuningan. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kejadian menghebohkan warga Desa Karangabaru Kecamatan Ciwaru, tak berhenti pada dugaan penyalahgunaan data pribadi warga untuk pinjaman kredit bank emok. Pasalnya,...

Politics

KUNINGAN (MASS) – KPU Kabuapten Kuningan bakal melantik 2746 Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) untuk Pemilu 2024 mendatang. Hal itu, sesuai dengan yang telah...

Education

KUNINGAN (MASS) – Selama 10 hari, Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) Wilayah Cirebon menggelar bakti sosial (baksos) di Desa Giriwaringin Kecamatan Maleber. Kegiatan baksos bertajuk...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Atlet-atlet tim futsal dari berbagai sekolah se-Kabupaten Kuningan nampak mengikuti gelaran Liga Foundation 2023 yang dihelat mulai 27 Januari 2023 kemarin....

Advertisement