Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

HMI Kuningan Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Mapolsek

KUNINGAN (MASS) – [7-12-2022] Bismillahirrahmanirrahim, dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Bidang pemberdayaan ummat HMI Cabang Kuningan mengecam tindakan bom bunuh diri yang terjadi di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

Kami HMI Cabang Kuningan turut prihatin dan berduka cita atas jatuhnya korban jiwa atau meninggal dunia maupun luka-luka atas kejadian tersebut. Karena kejadian tersebut beririsan dengan peran mahasiswa dalam masyarakat di antaranya sebagai penjaga nilai dan kekuatan moral.

Sangat miris melihat kejadian bom bunuh diri tersebut, yang dimana Indonesia sedang dilanda musibah bencana alam, lalu di isi oleh insiden serangan yang dilakukan penyerangnya dengan maksud untuk membunuh orang lain dan bermaksud untuk turut mati dalam proses serangannya, misalnya dengan sebuah ledakan bom, dan itu dikategorikan sebagai tindakan terorisme.

Menurut ketentuan hukum Indonesia, aksi terorisme dikenal dengan istilah tindak pidana terorisme. Indonesia memasukan terorisme sebagai tindak pidana, sehingga cara penanggulangannya pun menggunakan hukum pidana sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2002 yang kemudian diperkuat menjadi Undang-Undang nomor 15 tahun 2003.

Pelaku tindak pidana terorisme adalah setiap orang yang dengan sengaja menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana terror atau rasa takut terhadap orang secara meluas atau menimbulkan korban yang bersifat massal dengan cara merampas kemerdekaan atau hilangnya nyawa atau harta benda orang lain mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek tertentu yang strategis, lingkungan hidup, fasilitas publik dan lain-lain.

Atas kejadian tersebut saya selaku mahasiswa dan kader HMI Cabang Kuningan menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Kuningan agar tidak melakukan tindakan yang sama dalam hal ini tindakan terorisme.

Kearifan dalam melihat kejadian ini sangat penting sebab itulah kunci dalam mewujudkan kedamaian di Indonesia. Saya berharap kita tidak terprovokasi, tidak menyebarkan berita yang belum jelas, dan kita harus bersatu padu mewujudkan keamanan di masyarakat.

Penulis : Muhammad Ikhlasul – Amal Bidang PU (Perberdayaan Ummat) HMI Cabang Kuningan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Apa yang ada di RT 2 RW 1 Kelurahan Cigintung ini, bisa jadi inspirasi dan contoh bagi yang lainnya. Pasalnya, di...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Baru baru ini telah dilaksanakan pelatihan Sertifikasi Fundamental Pajak oleh AR Learning Center, salah satu Lembaga Pelatihan yang berada dibawah naungan...

Health

KUNINGAN (MASS) – Permasalahan perilaku merokok terus menjadi masalah yang perlu diperhatikan bersama, karena tingkat penggunaannya yang masih tinggi termasuk di Kabupaten Kuningan. Hal...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kanit Gakkum Satlantas Polres Kuningan Ipda Sri Martini menerangkan kronologi kecelakaan yang melibatkan ketua KONI Kuningan H Enay Sunaryo MM, Sabtu...

Advertisement