Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Hadiri Milangkala Gong Perdamaian, AA Ade Kadarisman: Budaya Pilar Perdamaian

KUNINGAN (MASS) – Pemerhati komunikasi, inovasi, dan SDGs AA Ade Kadarisman menghadiri acara Milangkala Gong Perdamaian ke-14, Kirab 1001 Merah Putih sekaligus peresmian Pusat Budaya Karang Kamulyan di Situs Karangkamulyan Ciamis, Jawa Barat pada Minggu (10/9/2023).

Acara tersebut dihadiri dan dibuka oleh Bupati Ciamis Hediat Sunarya, serta dihadiri juga Wakil Bupati Yana D Sunarya, Kabid Destinasi Wisata Pemrov Jabar, Ani Widiani, Unsur Forkompinda Kabupaten Ciamis, hingga tokoh tokoh masyarakat adat dan budaya, akademisi, pelajar SMP-SMA Se-Kabupaten Ciamis, dan banyak lagi.

Selain itu, tampak hadir juga Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) YM Raja/Karaeng Turikale VIII, Brigjen Pol (P) Dr. A A. Mapparessa, M.M. M.Si, Raden Hanif wawakil kerajaan Galuh, budayawan Duta Perdamaian Uly Sigar Rusady, dan Rr Paramitha Rusady beserta tamu undangan lainnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menanggapi kegiatan tersebut, AA Ade Kadarisman mengatakan bahwa budaya memegang peranan penting dalam mengasah rasa, membangun kepekaan untuk peduli pada sesama, menumbuhkan semangat persatuan dan menjadi pilar perdamaian.

“Giat budaya dan kirab merah putih ini juga memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk membangun rasa cinta tanah air, serta semakin memahami pentingnya budaya sebagai jembatan persatuan bangsa. Hal ini penting untuk menyongsong Indonesia Emas 2045”, lanjut AA Ade, Calon DPD RI/Pusat (Perseorangan) Dapil Jawa Barat yang saat ini juga menjadi Pembina Prakarsa Akar Bumi.

Disisi lain, Bupati Hediat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Atas nama pemerintah kab Ciamis, dirinya sangat bersyukur semua pihak bisa bersama sama guyub sauyunan dengan semangat perdamaian.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Warga masyarakat tatar Galuh harus bangga mempunyai budaya seni titinggal karuhun yang luar biasa. Terima kasih untuk bantuan semua pihak terutama dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat atas berbagai dukungan selama ini”, ungkapnya.

Sementara itu Ani Widiani Kabid Destinasi wisata Pemrov Jabar mengatakan bahwa Pemrov Jabar sangat mengapresiasi perkembangan Pariwisata dan Ekonomi kreatif di kawasan Priangan Timur. Tentunya ini bukan sekedar wisata, trend minat wisatawan sekarang juga berkembang dalam sisi seni budaya, kuliner khas, event, serta menikmati keindahan alam.

“Untuk mencapai itu, kita terus mendorong pariwisata yang berkualitas, memperhatikan aspek otentik, pemberdayaan masyarakat, dan keberlanjutan,” jelas Ani. (hafidz)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

JAKARTA (MASS) – Calon DPD RI alias Senator asal Jawa Barat AA Ade Kadarisman meraih 892.699 suara. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Jawa...

Politics

JAKARTA (MASS) – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional serta Penetapan Hasil Pemilu Serentak Tahun 2024 masih berlangsung hingga Rabu...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Rapat Pleno Penghitungan Hasil Suara Tingkat Kabupaten Kuningan telah selesai dilaksanakan. KPU Kabupaten Kuningan telah menetapkan raihan suara, baik Pilpres, DPR,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Prof H Didin Nurul Rosidin PhD yang kemarin dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Sejarah dan Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon...

Advertisement