Warga Mulai Beli Air Bersih

KUNINGAN (MASS) – Karena debit  dari mata air berkurang ditambah sumur yang sudah mengering warga  Dusun Puhun ( RT 3 dan 4 ) dan Dusun Wage ( RT 5, 6, 7, 8 ) Desa Kawungsari Kecamatan Cibeureum  terpaksa mulai membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Warga membeli air bersih Rp3.000/jerigen. Satu jerigen bisa menampung 25 liter. Kondisi mau tidak mau harus dilakukan oleh warga karena butuh air.

“Sejak tanggal 16 Agustus mereka mengajukan permohonan bantuan air bersih. Dari total ada 8 RT yang ada di desa tersebut 6 RT kesulitan air bersih,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin SE, Selasa (3/9/2019).

Agus merinci  warga  Dusun Puhun RT 3 dan 4  terdapat  87 KK 290 jiwa  dan Dusun Wage RT 5, 6, 7, 8, ada 180 KK dengan 559 jiwa. Hasil ini setelah pihak BPBD terjun ke lapangan melakukan pendataan dan pengamatan.

Diterangkan, selain diperlukan bantuan air bersih, maka upaya lain adalah  fasilitasi penarikan air bersih dari sumber mata air Gewok dengan jet pump sepanjang ± 150 meter.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com