Warga Diminta Diam di Rumah, Direktur RSUD 45: Kalau Bandel, Kami Tunggu di ICU

KUNINGAN (MASS)- Jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Kuninga terus meninggkat. Hal ini dengan dinyatakanya satu pasien positif. Selain itu ada empat orang yang saat ini dirawat karena masuk kategori PDP atau pasien dalam pengawasan.

Sedangkan kasus ODP atau orang dalam pengawasan melonjak tajam hingga 305 orang. Data ini meruujuk  data covid-19 untuk pada tanggal  28 Maret 2020.

Melihat kondisi seperti ini Direktur RSUD 45 dr Deky Saefullah tidak tinggal diam. Melalui video berdurasi 4 menit 53 detik ia menjelasakan informasi  kesehatan  berkatian dengan banyaknya kasus ODP dan PDP Covid-19 di Kabupaten  Kuningan.

Ia menimbau kepada seluruh warga Kuningan bahwa di RSUD sudah kewalahan  melayanai pasien-pasien yang terduga baik ODP  maupun PDP. Untuk itu ia pihaknya meminta agar warga mematahi anjuran Pembkab  untuk tidak melakukan aktivitas diluar  rumah.

“Kami meminta warga berperan aktif memutus  mata rantai penyebaran virus corona di Kuningan dengan berdiam diri di rumah masing-masing,” tandasnya.

Deki meminta warga untuk menghargai pengorbanan  tim medis RSUD 45 yang telah berjuang di garda terdepan dan jangan sampai warga menambah jumlah kasus baik ODP maupun PDP, sehingga membuat petugas kerepotan dalam melayani pasien.

“Sekali bapak ibu minta diam di rumah dan melakukan isolasi sendiri untuk membantu memutus mata rantai penularan virus corona. Bagi perentau terutama yang datang dari zona merah saya minta  segera melapor ke apara setempat,” jelasnya.

Apabila  mengalami  gangguan kesehatan dengan gejalan panas badan  ringan, pilek segara menghubungi petugas kesehatan di wilayah terdekat, sehingga petugas di Puskesmas bisa menyeleksi kesehatan sebelum di rujuk ke RSUD 45 Kuningan.

Pada kesempata itu Deki mengingatkan kepada semua warga untuk selalu menggunakan masker untuk melindungi dan tidak menularkan kepada keluarga  terdekat baik itu suami, istri dan anak dan  saudara-saudara terdekat.

“Dan apabila warga tidak mengindahkan imbauan pemerintah dengan berat hati kami tunggu di ruang ICU. Ingat virus corona bisa dicegah penyebaran selama mentaati anjuran pemerintah,” tandansya.

Selanjut dalam imbuan itu dokter yang tinggal di Purwasari itu mengingatkan untuk menjaga pola hidup bersih dan selalu cuci tangan apabila sudah menyentuh benda-benda diluar rumah, dengan desinfetan yang ada di rumah.

“Caranya dengan mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan air sabun,” pungkasnya yang mendoakan semua warga Kuningan ada dalam lindungan Allah. (agus)