Tinjau Pembangunan Rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH bersama dengan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR,  Kamis (05/12/19) meninjau pembangunan rumah  program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk warga terdampak bencana di Kabupaten Kuningan.

Rumah yang ditinjau adalah di Desa Cimara Kecamatan Cibeureum. Total penerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di desa tersebut adalah berjumlah 69 rumah.

Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana mengatakan bahwa BSPS itu Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, (bagian) program sejuta rumah dari Presiden Joko Widodo yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR itu dengan memberikan bantuan per rumah Rp35 juta.

Pihaknya menyebut  hasil pembangunan rumah BSPS di Kabupaten Kuningan sangat luar biasa dikarenakan mendapatkan dukungan dari Bupati Kuningan.

“Tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah dan Bupati hal seperti ini akan sulit untuk dilaksankan. Ini belum selesai masyarakat terus berusaha, kami pun terus akan memberikan bantuan lainnya seperti prasarana umumnya” ujarnya Ditjen Perumahan Kementrian PUPR itu.

Sementara itu Bupati Acep menjelaskan bahwa melalui penyelenggaraan program bsps di Kabupaten Kuningan ini diharapkan mampu memenuhi pemenuhan kebutuhan rumah yang layak huni dan terjangkau dalam lingkungan yang sehat, aman, harmonis, dan berkelanjutan di seluruh wilayah kabupaten kuningan.

Acep mengatakan ini semua merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam hal  pemenuhan hak hidup masyarakat untuk bertempat tinggal yang layak.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pelaksanaan program BSPS-PB di Kabupaten Kuningan berjalan lancar, sesuai aturan dan didukung oleh karakteristik masyarakatnya yang masih tinggi sifat kegotong royongannya,” ujar bupati. (agus)