“Puasa” Empat Bulan, Akhirnya Bisa Tersenyum

KUNINGAN (Mass)- Penantian perangkat desa selama empat bulan berakhir. Dana desa dan alokasi dana desa yang ditunggu-tunggu mulai cair, sehingga mereka kini bisa tersenyum lega.

Bagi perangkat desa dengan cairnya DD dan ADD maka siltap akan ikut cair. Seperti diketahui 60 persen dari ADD merupakan siltap untuk perangkat desa.

“Iya sudah cair namun baru sebagian. Dana desa  totalnya adalah Rp288 miliar dan cair tahap pertama 60 persen. Sedangkan ADD Rp128 miliar,” ucap   Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat) Kuningan Drs Deniawan MSi melalui Kabid Pemdes H  Ahmad Faruk SSos MSi kepada kuninganmass.com, Senin (8/5/2017).

Mengenai pencairan dana lanjut Faruk, seperti biasa dilakukan di BPR. Ditargetkan  pencairan cepat kelar setelah semua persyaratan beres.

Sementara itu, Camat Cidahu Rusmiadi mengakui, bahwa dana  tersebut sudah cair. Namun, untuk Cidahu baru dua desa karena yang desa yang lain baru hari ini APBDes-nya kelar. “Yang masuk pencarian tahap satu baru dua desa. Mungkin nanti pada tahap II,” ucar Rusmiadi.

Sementara itu, Camat Lebakwangi Agus Basuki menyebutkan di wilayanya belum satu  desa pun cair. Penyebabnya adalah persyaratan utuk pencairan belum kelar.

Bukan hanya di Lebakwangi, tapi di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur juga belum cair. Menurut Kades Cisantana Murad SAG, kemungkina besar dana cair pada tahap 2.

Sekedar diketahui, sebelum DD dan ADD cair selama empat bulan mereka terpaksa “puasa”. Untuk menutupi kebutuhan biasanya mereka meminjam kesana kemari yang terpenting bisa makan. Pemdes juga tidak jauh berbeda. (agus)

 

 

 

 

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com