Kuningan Menuju Smart City

KUNINGAN (MASS)-  Untuk mewujudkan Kuningan Smart City terus dilakukan berbagai upaya oleh Pemkab Kuningan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika. Salah satu langkah nyata adalah pembangunan infrastuktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Langkah pembangunan infrastruktur TIK merupakan langkah strategis bagi keberhasilan pelaksanaan program pembangunan di bidang informatika dan komunikasi . Program ini  memiliki dampak positif bagi peningkatan kualitas intelektual bagi masyarakat muapun bagi ASN yang merupakan pelayan masyarakat.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur di bidang TIK diharapkan akan mendorong pihak swasta untuk memanfaatkan momen tersebut dalam berinvestasi di bidang telekomunikasi,” ujar Pj Sekda Kuningan Drs Dadang Supardan MSi pada acara Sosialisasi Kuningan Menuju Smart City Melalui Kebijakan Pembangunan Infrastruktur TIK, di Prima Resort Sangkanurip Cilimus, Rabu (28/3/2018).

Dadang mengatakan, pemerintah sangat faham dan menyadari bahwa keterisolasian informasi, ketersedian komuniksi . Kemudian, kegagapan teknologi informatika dikalangan masyarakat akan berpengaruh langsung pembentukan persepsi mereka terhadap pentingnya perubahan dari usaha pembangunan yang dilakukan.

“Kondisi ini jelas akan mempersulit pemerintah  selaku regulator dan fasilitator untuk meminta peran masyarakat partisipan yang aktif,” lanjut Dadang.

Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan perahatian yang sungguh-sungguh akan ketersedian sarana dan prasarana informasi dan komunikasi,  termasuk di dalamnya memberikan upaya pemahaman secara persuasif, edukatif dan motivatif.

Meski akan dibanguun infrastruktur TIK, namun perlu adanya upaya dari pemerintah agar pembangunan di bidang telekomunikasi sesuai dengan tata ruang yang ada, sehingga Kuningan menjadi kota yang tertata rapih, bersih dan bentangan kabel.

“Untuk Itu maka kegiatan ini salah satu upaya memenuhi tuntutan situasi tersebut, karena pembangunan dan pemanfaatkan serta optik bawah tanah bersama dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk keberhasilan di bidang telekomunkasi,” jelasnya.

Ditempat yang Sama Kadiskominfo Teddy Suminar MSi yang didampingi Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Drs Yusup Sopyan menyebutkan, acara ini digelar selama satu hari dan diikuti oleh 80 perserta.

“Peserta merupakan para kepala SKPD, kabag, provider dan para pegawai Diskominfo,” tandasnya.

Untuk narasumber lanjut Teddy empat orang  yaitu Pj Sekda, Diskominfo, Kabag Hukum dan Direktur PT taibo Consulting Indonesia. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com