Kapolda Tanam Kilampayan di Gunung Ciremai, Ini Alasannya

KUNINGAN (MASS)- Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, MSi, disela-sela kunjungan kerja di jajaran Polres Cirebon menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Acara yang bertajuk “Bantuan Sosial dan Penanaman Pohon” dilaksanakan pada hari Senin (3/12).

Ada dua desa yang dierikan bantuan sosial kepada masyarakat desa panyangga TNGC yakni  Desa Paniis Kecamatan Pasawan dan Trijaya Kecamatan Mandirancan. Selesai acara penyerahan bantuan sosial, Kapolda yang didampingi Wakapolda Brigjen Supratman MH Kapolres Cirebon dan Dandim Cirebon serta jajaran melanjutkan perjalanan patroli bersama ke kawasan TNGC menuju Stasiun Penelitian Bintangot, yang berbatasan dengan Desa Seda, Mandirancan.

Tepat pukul 15.00  WIB rombongan tiba di blok Bintangot, disambut langsung oleh Kepala Balai TNGC, Kuswandono, Kepala SPTN Wilayah I Kuningan, San Andre Jatmiko dan Kepala Sub Tata Usaha, Mufrizal. Turut hadir pula Kepala KPH Perum Perhutani Wilayah Kuningan Tedi Sumarto.

Pada kesempatan kunjungannya, Kapolda Jawa Barat berkesempatan menanam pohon Kilampayan (“Kibatalia arborea”), jenis endemik Gunung Ciremai, juga beberapa jenis endemik lainnya yang ditanam oleh rombongan pendamping Kapolda. Dengan ditanam pohon endimik maka diharapkan pohon itu terus lestari.

 

Kapolda Jawa Barat pun turut peduli terhadap pelestarian kawasan konservasi di TNGC. Ini merupakan salah satu bukti bahwa kawasan konservasi adalah penting untuk dilestarikan, dikelola dengan baik dan benar.

Hal ini agar alam berperan sebagaimana fungsi diciptakan, yaitu untuk penyangga kehidupan. Lebih dari itu, juga agar manusia dapat secara bijak mengambil manfaat dari alam secara lestari dan berkelanjutan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com