Ini Jadwal Tour de Linggarjati 3

KUNINGAN (Mass)- Tour de Linggarjati  (TDL) yang merupakan even balap sepeda Internasional akan kembali digelar. TDL tahun ke 3 ini direncanakan akan dihelat pada bula November 2017.

Kepastian TDL 3 akan digelar ketika dilakuakan rapat kepengurusan ISSI Selasa lalu di Aula Pasar Langlangbuana. Menurut Ketua Pengcab ISSI Kuningan Agus Sadeli MPd, TDL digelar sekitar bulan November.

“Kita agendakan di bulan November. Saat ini yang kita bahas adalah agenda TDL ini digarap ISSI berkerja sama dengan LCC,” ucap Agus.

Pria yang menjabat Kadisperindag Kuningan itu menerangkan, setelah TDL 2 digarap oleh Kemenpar, maka TDL 3 dikembalikan seperti TDL 1.

Seperti TDL I dan 2 yang menuai kesuksesan maka TDL 3, ISSI menginginkan lebih sukses. Pasalnya, TDL bukan hanya ajang bertandinganya pembalap sepeda terbaik dari berbagi negara, tapi juga dari kegiatan ini ada ajang promosi wisata Kuningan.

Sementara itu Kabid Olahraga Disporapar H Nurjati MPd menambahkan, belum lama ini ia sudah bertemu dengan Bupati Kuningan H Acep Purnama MH. Kemungkinan besar TDL akan berkerjasama dengan LCC.

Sekedar informasi, istilah “Tour de” dalam kejuaraan balap sepeda merupakan kejuraan bergensi. Hal ini karena diakui oleh badan internasional.

Di Indonesia sudah sendiri ada lima kejuaraan balap sepeda kelas dunia yakni Tour de Singkarak di Sumatera Barat, Tour Ijen Banyuwangi di Jawa Timur. Lalu,  Tour de Flores di NTT, Tour de Linggarjati di Jawa Barat dan terakhir  Tour de Molvccas di Maluku.

Kejuaraan ini telah diakui oleh Badan Pesepeda Dunia di Swiss yang disebut Union Cycliste Internationale atau disingkat UCI dan mutlak bernaung di bawah UCI dan Badan Pesepeda Nasional atau disebut Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Semua kejuaraan dunia di atas berbasis sport tourism. Artinya olahraga sepeda yang mendongkrak destinasi wisata unggulan di lokasi yang sedang berlangsungnya kejuaraan sepeda tersebut.

Para pembalap yang mengikuti kejuaaran tersebut hanyalah mereka yang memiliki rating tinggi yang diakui ISSI dan UCI. Istilah ‘tour de’ sudah akrab di dunia balap sepeda seperti Tour de France yang menjadi ikon balap sepeda dunia. Walaupun ada juga event seperti ini di mancanegara yang menggunakan judul berbeda dari judul event ‘tour de.’ (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com