Desa Wisata Cibuntu Bakal Dibantu Rp5 Miliar

KUNINGAN (MASS)- Dalam upaya mendukung Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan  sebagai Desa Wisata yang semakin maju dan berkembang, Pemprov Jabar untuk tahun anggaran 2021 akan memberikan bantuan dana sebesar Rp5 miliar.

Menurut Gubernur Jabar  Ridwan Kamil  dana tersebut  dialokasikan untuk pembangunan masjid sebesar Rp2 miliar dan Rp3 Milyar untuk perbaikan-perbaikan pariwisata.

“Ini bentuk komitmen kami untuk memajukan wisata selain juga proyek yang lain,” ujarnya, Sabtu 17/10/2020).

Diakui Kang Emil sapaan akrabnya, Kabupaten Kuningan sangat kaya akan potensi wisata karena didukung oleh letak geografisnya yang berada di kaki Gunung Ciremai.

Oleh karena itu, dikatakan Gubernur, tidak dipungkiri Kabupaten Kuningan mendapatkan perhatian lebih dari pihak Pemrov Jabar dalam pengembangan wisata.

“Saya ini sangat sayang kepada masyarakat Kabupaten Kuningan. Saking sayangnya, saya baru dua tahun jadi Gubernur, kurang lebih sudah ada 7 proyek yang sudah, yang sedang dan akan dibangun di Kabupaten Kuningan,” tandasnya.

Diantaranya adalah renovasi dan revitalisasi Alun-Alun Kuningannya langsung, kemudian Waduk Darma yang sedang diperbaiki dan tahap satunya sudah selesai.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, gubernur meminta masyarakat Desa Cibuntu untuk tetap mempertahankan adat dan budaya lokal yang memiliki kekhasan tersendiri.

“Untuk itu saya titip penampilannya, pakaiannya, pariwisatanya harus asli lokal,” sebutnya.

Kalau mirip-mirip orang nanti banyak pilihan. Tapi Kalau unik, maka orang akan ingat, akan rindu untuk datang ke sini lagi.

“Selamat melaksanakan Sedekah Bumi, jaga tradisi, karena sebaik-baiknya masyarakat adalah masyarakat yang punya identitas,” ujar pada saat membuk acara sedekah bumi. Sekadar informasu Cibuntu merupakan desa wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, untuk home stay terbaik ke tiga di ASEAN. (agus)