Cipasung Siapkan Lahan 6 Ha untuk Wujudkan Desa Wisata

KUNINGAN (MASS)- Terpilihnya satu dari lima desa wisata yang dipersiapkan Pemkab Kuningan membuat Desa Cipasung Kecamatan Darma berbenah. Mereka bukan hanya menyiapkan SDM dibawah binaan STP Trisakti, Disporapar dan Kemenpar, tapi juga lahan.

Adapun lahan yangh disediakan seluas 6 Ha. Lahan milik desa ini ini dijadikan untuk pengembangam wisata mulai dari tempat menjual kerajinan hingga tempat menjual makanan khas.

“Sejak lama kami meminta agar Cipasung dijadikan desa wisata dan Alhamdulillah terwujud. Tentu kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan,” ujar Kades Cipasung Nanang Nuryadi disela-sela acara Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa Wisata, Kamis (4/7/2019).

Nanang manargetkan dalam dua tahun kedepan desa wisata bisa terwujud. Saat ini pihaknya fokus pada pemberdayaan SDM agar masyarakat paham tentang desa wisata.

“Nanti kan ada home stay, pengembangan makanan tradional seperti angling darma, kerajinan bambu, pembuatan dermaga. Ada 10 hal yang menjadi prioritas kami. Intinya semua terlibat dan yang paling penting adalah  pengelolaan SDM-nya,” jelas Nanang.

Sementara itu, acara ini dihadiri Perwakilan Asdep SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar Heri Hermawan,Kasi Pengembangan SDM Disporapar Kuningan Ritto Riswanto MPar. Lalu, Head of Student Affairs STP Trisakti, RMW Agie Pradifta SST Par MSc dan Head of Public Relation & Secretariat Triana Rosalina Dewi SE MM.

Dari pantuaan warga sangat antusias mengikuti acara pelatihans sehari ini. Kurang lebih ada 50 peserta yang hadir. Dukungan semua pihak akan membuat desa wisata terwujud.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com