Cibeureum Jadi Desa Wisata Kopi

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama meresmikan Desa Wisata Kopi Cibeureum di Dusun Endang Jumaga Kecamatan Cilimus pada  Selasa (10/12/2019). Bupati meresmikan didampingi oleh beberapa pejabat eselon II dan III.

Desa Wisata kopi ini merupakan Desa Wisata pertama di Kabupaten Kuningan yang dikembangkan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon.

 Desa Cibeureum merupakan salah satu desa di Kecamatan Cilimus  yang cukup banyak menyimpan sejarah kopi dan produksi  kopi.

Pengembangan desa wisata yang dilakukan oleh bank sentral milik Pemerintah tersebut yaitu membina Desa Cibeureum dari mulai pembinaan keterampilan dan peralatan sebagai fasilitas pengembangan sehingga menjadi Desa Wisata kopi yang maju.

Acara peresmian ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama didampingi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Cirebon Fadhil Nugroho, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindusterian Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, MSi.

Kemudian, hadir Kadis Koperasi dan UKM, Ir Bunbun Budiasa dan Camat Cilimus Dra Eni Sukarsih MSi. Acara dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang poduksi kopi dan pabrik kopi Cap Gunung Ciremai, yang diproduksi di Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus.

Dalam sambutan Kepala perwakilan BI Cirebon Fadhil Nugroho mengatakan  Desa Cibeureum merupakan salah satu dari sekian desa yang berada di Kuningan yang memiliki potensi wisata yang banyak terutama dalam bidang kopi.

Fadil berharap Desa Cibeureum kedepannya dapat lebih maju dan kreatif dengan perkembangan dunia pariwisata saat ini, sehingga Desa Wisata Kopi Cibeureum bisa dikenal oleh masyarakat luar.

Sementara itu bupati  mengapresiasi dan mendukung penuh adanya Desa Wisata yang di bina oleh Bank Indonesia karena ini sejalan dengan visi Kuningan MAJU (Ma’mur, agamis, pinunjul) berbasis desa dan selalu berkontribusi untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

“Dengan telah ditetapkannya sebagai desa wisata, keberadaan  Cibeureum tentu akan sangat membantu pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan”. Ucapnya.

Akhir sambutannya bupati berharap dengan adanya Desa Wisata Kopi ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan tentunya menjadi desa yang pinunjul selaras dengan visi Kuningan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com