Bupati Tinjau Proses Pembangunan Rutilahu

KUNINAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH  pada Sabtu (29/7/2018) meninjau langsung proses pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) milik Aso Harso (51 tahun).  Rutilau ini milik warga Desa Blok Wage Desa/Kecamatan Ciawigebang.
Proses pembangunan ditandai dengan pembongkaran rumah setelah terlebih dahulu mengecek kondisi di dalamnya. Sesaat setelah itu bupati langsung memberikan arahan kepada Kepala DPRPP  Kabupaten Kuningan, H Ridwan Setiawan SH MSI  terkait  penataan ruangan dan hal lain yang perlu dilakukan.
Selain Kepala DPRPP, tampak hadir Kepala Bappenda, Dr Asep Taufik Rochman MPd ,dalam kapasitas sebagai Ketua Komunitas Peduli Umat, Kepala Bagian Humas Setda Dr Wahyu Hidayah MSi. Lalu,  Sekretaris DPRPP Kabupaten Kuningan Drs Yudi Nugraha MPd, dan Sekretaris Kecamatan Ciawigebang Asikin, anggota Polsek, anggota Koramil Ciawigebang dan kepala Desa Ciawigebang Wawan Sopwan,S.Ag.
Tidak ketinggalan puluhan masyarakat lingkungan sekitar Dusun Wage Desa Ciawigebang yang juga bersiap untuk melaksanakan gotong royong pembangunan dengan membawa berbagai peralatan.
Acep mengatakan, program rutilahu ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam memberikan kesejahteraan bagi rakyat. Ia berharap dengan kelayakan huni yang diterima masyarakat, dapat dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin oleh masyarakat.
“Untuk tahun 2018 bantuan rutilahu di Kabupaten Kuningan ada sebanyak 1986 unit rumah yang akan dibangun dengan perincian, 1586 unit berasal dari Program Nasional Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan 400 unit lainnya berasal dari APBD Kabuapaten Kuningan Tahun 2018.”
Selanjutnya bupati menyampaikan, hari  pemeritah  bersama warga  memulai pembangunan rumah milik Aso dan Waslinah . Ia  mengajak kepada seluruh  warga di sini untuk bersama-sama membantu pelaksanaan pembangunannya melalui gotong royong, selain ada dana dari pemerintah juga ada bantuan tenaga dari warga.
“Apabila Kuningan yang rumahnya tidak layak huni, harap segera beritahu kepada kami baik secara langsung ataupun melalui Pemerintahan Desa dan Kecamatan” pesan Bupati Acep.
Kunjungan Bupati dilanjutkan ke rumah Carwanto di Blok Pahing Desa Ciawigebang untuk  membahas teknis pembangunan rumahnya bersama Kadis DPRPP dan Ketua Komunitas Peduli Umat. Carwanto sempat viral di media karena ia bersama tiga adikanya merupaka anak yatim piatu yang dihidup serba kekurngan di gubug reyot. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com