Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Gerimis dan Gematel Solusi Atasi Stunting, Duet PKK dan Diskanak

KUNINGAN (MASS) – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan melaunching kampanye Gerakan Minum Susu (GERIMIS) dan Gerakan Makan Telur (GEMATEL) dalam rangka mempercepat penurunan dan menekan angka stunting atau kondisi dimana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari standar usianya. Gerakan ini untuk meningkatkan asupan gizi dan protein untuk anak-anak khususnya untuk anak usia PAUD dan RA.

Launching Kampanye Gerakan Minum Susu (GERIMIS) dan Gerakan Makan Telur (GEMATEL) dilaksanakan di 3 titik lokus stunting yaitu wilayah Timur yang dilaksanakan di Desa Kadurama Kec. Ciawigebang, wilayah Utara di Desa Bunigeulis Kec. Cigandamekar dan wilayah selatan di Desa Selajambe Kec. Selajambe.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Dadi Haryadi didampingi Kasi PDT Peternakan, Yudi Rickriyanto mengatakan, program ini didalamnya pemberian asupan makanan yang bergizi dan berprotein berupa pemberian Susu dan protein hewani telur ayam. Langkah tersebut dilakukan agar anak-anak dan cucu-cucu supaya tumbuh kembang dengan normal.

“Untuk mengimbangi pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang cepat, tubuh memerlukan zat gizi yang lebih banyak dan lebih berkualitas. Apabila tidak diimbangi dengan pola konsumsi pangan yang sehat, masa anak-anak dan remaja dapat menjadi masa yang rawan gizi,” jelas Dadi.

Menurutnya, salah satu gizi yang diperlukan pada masa pertumbuhan dan perkembangan tubuh adalah susu dengan kalsiumnya dan telur yang merupakan salah satu kebutuhan pemenuhan gizi dan protein.

Pada gerakan ini lanjut Dadi Haryadi, setiap peserta didik (anak) di lembaga PAUD/RA di lokus Stunting mendapatkan tiga buah susu kotak, empat butir telur ayam, satu buah handsanitizer dan satu buah masker yang dikemas dalam tas/kantong. Nantinya tiap anak mendapatkan satu kantong paket sebanyak tiga kali atau tiga tahap dan semua diberikan kepada anak agar mendapatkan asupan gizi dan protein yang makin baik dan tumbuh normal seperti yang diharapkan.

Sementara, Ketua TP PKK Kuningan, Hj Ika Rahmatika bersyukur pihaknya bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan dapat meluncurkan kegiatan Launching Kampanye Gerakan Minum Susu (GERIMIS) dan Gerakan Makan Telur (GEMATEL) bagi anak-anak PAUD/RA di Lokus Intervensi Stunting Kabupaten Kuningan.

“Insya Allah kami bersama sama SKPD terkait akan terus berupaya mempercepat penurunan angka stunting di Kab. Kuningan, mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berkelanjutan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak melalui asupan gizi dan protein bagi anak-anak penerus bangsa, terutama di Lokus Intervensi Stunting,” ucap Ika diamini Yudi Rickriyanto, SE.

Launching Kampanye Gerakan Minum Susu (GERIMIS) dan Gerakan Makan Telur (GEMATEL) bagi anak-anak PAUD/RA di Lokus Intervensi Stunting, begitu meriah ditandai dengan penyerahan secara simbolis Paket GERIMIS dan GEMATEL di Kab. Kuningan disertai minum susu dan makan telur bersama. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan menjadi leading sektor dan menggelar rembug stunting pasa Kamis (30/6/2022) di Prima Resort Sangkanurip – Cigandamekar. Acara...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Ditengah ‘peperangan’ pilkada, Sekretariat Gabungan Pemenangan Pasangan Sentosa (Toto-Yosa) tidak melupakan hikmah Ramadhan. Selama 10 hari, tim pemenangan paslon yang diusung...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Keberanian para mahasiswi cantik yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswi Sentosa (Gerimis) nenarik perhatian Lina Marlina, istri dr Toto Taufikurohman Kosim. Ia...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Deklarasi beberapa mahasiswi untuk mendukung salah satu paslon dalam Pilkada Kuningan tahun 2018 ternyata berbuntut panjang. Mengemuka berbagai komentar terhadap langkah...

Advertisement