Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Nasional

Erick Thohir Dinobatkan Jadi Menteri Terbaik Tahun 2022

JAKARTA (MASS) – Media ekonomi terbesar dan terintegrasi, CNBC Indonesia, menggelar malam puncak CNBC Indonesia Awards 2022 sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif yang berkontribusi untuk pemulihan perekonomian Indonesia.

Salah satu kategori yang diberikan yakni The Best Minister, kepada tokoh menteri dan setingkat menteri yang dinilai memiliki kiprah yang paling penting dalam percepatan pemulihan perekonomian nasional.

Untuk penghargaan The Best Minister CNBC Indonesia Awards 2022 diberikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Adapun penghargaan ini diterimanya secara langsung di Hotel ST. Regis, Jakarta, Senin (12/12/2022).

“Terima kasih kepada CNBC Indonesia yang mempercayakan penghargaan kepada saya, tentu ini hasil kerja direksi dan komisaris BUMN. Tidak mungkin hasil ini tanpa kinerja mereka dan Wakil Menteri saya, tim di Kementerian BUMN yang menjaga transformasi BUMN ini. Tidak mungkin transformasi tanpa transformasi besar, satu manusianya, dan yang tidak kalah penting sistemnya,” kata Erick saat menerima penghargaan.

Selama menjabat, salah satu pencapaian besar Erick yakni merealisasikan holding BUMN yang sudah lama diwacanakan. Selain itu, di bawah arahannya, kini kinerja BUMN semakin solid dengan pengklasteran usaha, diantaranya holding BUMN pariwisata, holding BUMN ultra mikro, holding BUMN perhotelan, holding BUMN pangan, holding BUMN farmasi, holding BUMN pertambangan, hingga holding industri baterai listrik.

Erick berhasil melakukan efisiensi BUMN melalui penyederhanaan jumlah perusahaan pelat merah, dari sebelumnya 142 perusahaan pada awal 2020, hingga menyisakan hanya 41 BUMN pada awal 2022. Targetnya, akan dikonsolidasikan lagi menjadi 30 BUMN.

Berkat langkah-langkah strategis tersebut, kinerja BUMN mampu tumbuh dengan sangat baik, dan bahkan mampu melewati badai pandemi Covid 19. Sementara itu, secara internal, kepemimpinan Erick mampu menorehkan pencapaian yang luar biasa pada kinerja BUMN meski sedang dihantam pandemi Covid-19.

Hal ini dapat dibuktikan dari data yang ada, dimana total aset BUMN tumbuh 8% menjadi Rp 8.978 triliun pada 2021. Perolehan tersebut didukung oleh perolehan pendapatan yang juga melonjak hingga 19% menjadi Rp 2.292 triliun.

Alhasil, laba bersih BUMN juga diproyeksikan bakal meningkat 15% tahun ini menjadi Rp 144 triliun. Sebelumnya, pada 2021 laba BUMN juga sudah pulih menjadi Rp 125 triliun. Selain itu, target dividen BUMN untuk negara juga diproyeksikan meningkat pesat tahun ini di atas Rp 40 triliun, dari setoran tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 30 triliun.

Amin Nurdin, Penulis Buku Biografi “Erick Thohir Bekerja dengan Akhlak Bergerak dengan Akhlak ( Mengenal Pribadi dan Kepemimpinan Erick Thohir)” menilai penghargaan ini merupakan sebuah kewajaran.

“Sebab, dari sekian banyak menteri pembantu Presiden Joko Widodo, tanpa menafikan yang lainnya, hanya figur Erick Thohir yang terlihat jelas, konkrit, terukur kinerjanya, dan berdampak besar terhadap negara dan masyarakat serta senantiasa mendapatkan tugas khusus dari Pa Jokowi,” ungkap Amin dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Amin menilai, “kewajaran lain yang membuat Erick Thohir dinobatkan sebagai menteri terbaik lantaran berbagai inovasi dan tranformasi yang ia lakukan. Inovasi dan transformasinya membuat masyarakat mudah memahami dan merasakan program BUMN sehingga banyak yang mengagumi sosoknya,” terang Amin.

Lebih lanjut Amin mengatakan, Erick Thohir juga dikenal sebagai pribadi yang responsif dan progesif dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi Bangsa dan masyarakat.

“Pak Erick ini cepat dan sigap dalam bekerja. Selalu memberikan solusi dalam setiap masalah. Dengan semangat “kita hadapi, kita atasi” Pa Erick senantiasa menyelesaikan tugas dan masalah yang dihadapi, termasuk tugas-tugas khusus yang diamanahkan oleh Pa Jokowi,” ungkap Amin.

Amin berharap, penghargaan sebagai menteri terbaik ini menjadi energi tambahan buat Erick untuk mewujudkan Indonesia Ber-Akhlak, lebih maju, makmur dan mendunia.

“Selain itu, penghargaan ini juga dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk generasi muda agar ikut terlibat dan turun tangan dalam memberikan kontribusi nyata untuk bangsa dan negara,” tutup Amin. (deden/rl)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-77, nampak terlihat di Kelurahan Cigadung Kecamatan Kuningan, khususnya blok Babakan. Pelaksanaan yang meriah itu, merupakan ekspresi...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Tokoh demi tokoh yang digadang-gadang sebagai kandidat calon presiden di 2024, terus bermunculan di berbagai daerah. Termasuk di Kuningan. Di kalangan...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Teriakan “Ganjar Presiden 2024” menggema di area halaman Gedung Perundingan Linggarjati, Rabu (1/6/2022) siang tadi. Kalimat itu, diteriakan relawan-relawan Wargi Ganjar...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kuningan Dr Elon Charlan menyampaikan kabar bahagia untuk masyarakat yang ingin bekerja di Badan Usaha Milik Negara...

Advertisement