Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Disini, Kaum Millenial Digembleng Literasi Digital

KUNINGAN (MASS) – Dari 200an generasi millennial di Desa Garajati kecamatan Ciwaqru, hanya 2 atau 3 orang saja yang memiliki komputer. Bisa dibilang yang bisa mengoperasikannya, sangat sedikit dibanding keseluruhan.

Melihat hal tersebut, civitas akademik Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA, meginisiasi kegiatan sosialisasi literasi digital untuk kaum millennial di Garajati yang tergabung dalam  IPPMS (Ikatan Pelajar Mahasiswa dan Santri). Program itu, dilakukan dalam pengabdian di desa binaan UHAMKA.

Lisa Santika, mahasiswa UHAMKA didampingi dosen Edi Supriadi, mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat menuntut dan komunikasi dunia digital telah memberikan berbagai dampak dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Penguasaan internet melalui penguasaan penggunaan computer menjadi salah satu bagian dari dunia digital, istilah ini biasa disebut dengan literasi digital,” ujarnya, rabu (24/8/2022) kemarin.

Ketua tim Program Kemitraan Masyarakat dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA, Dr Ishaq Nuriadin, M.Pd mengatakan kegiatan tersebut diharapkan bisa membantu agar anak-anak milenial di Desa Garajati bisa mengoperasikan komputer.

“(Harus bisa mengoperasikan komputer, red) Tidak hanya mahir menggunakan gawai atau handphone,” ucapnya.

Ketua karang taruna IPPMS, Kang Beng-Beng, sapaan akrabnya nampak menyambut baik kegiatan ini. Dirinya juga berharap banyak, kegiatan seperti itu bisa dilakukan terus menerus dan berkelanjutan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami berharap ini bisa dilaksanakan secara kontinu, agar semua anggota karang taruna menjadi melek internet, melek digital,” sebutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Garajati, tepatnya di Dusun Cijambunya, yang dimulai sejak awal Agustus hingga September nanti sebagai tahap awal. Nantinya, akan dilaksanakan secara terjadwal untuk semua jenjang. Sebagai tahap pertama dimulai dari pembukaan dan sosialisasi terhadap orangtua/ wali siswa, karang taruna hingga siswa sekolah dasar.

Kemudian, nantinya dijadwalkan pengenalan terhadap komputer dan bagian-bagiannya, dan dilanjutkan dengan belajar Microsoft Office yaitu tentang Microsoft Word, Excel, Powerpoint dan penggunaan internet dibantu dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika yang dilibatkan. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Di Desa Garajati Kecamatan Ciwaru, ada warung matematika. Program ini, merupakan binaan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyyah Prof Dr Hamka (UHAMKA)....

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Ramadhan Fair yang diselenggarakan Komunitas Inspiring Generation ternyata digandrungi kaum millenial. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Masjid Agung Syiarul...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sudirman (50) warga blok Manis RT 01/01 Desa Garajati Kecamatan Ciwaru yang diberitakan sakit selama empat tahun pada Sabtu, ternyata hari Minggu...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Sudirman (50) warga blok Manis RT 01/01 Desa Garajati Kecamatan Ciwaru yang diberitakan sakit selama empat tahun pada Sabtu, ternyata hari Minggu...

Advertisement