Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Di Ajang MTQ, Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi Selamatkan Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Kontingen Kabupaten Kuningan dalam MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat ke 36 harus berterimakasih kepada Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi.

Hal itu karena  mahasiswa Semester 7 Jurusan PAI di IAIN Syekh Nurjati CIrebon asal Desa Kertayasa RT 06/RW 03 Kecamatan Sindangagung meraih peringkat pertama pada cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ)

Selain itu, beberapa perwakilan lainnya dari Kabupaten Kuningan juga memenangkan juara, perwakilan tersebut diantaranya adalah Muhamad Riyan Amirudin yang meraih peringkat Harapan 2 cabang Qiroat Sab’ah Dewasa Murrotal.

Kemudian, Luthfi Muhammad Al-Fatih yang meraih peringkat Harapan 2 cabang Tafsir Bahasa Arab.

Sekadar informasi untuk juara 1 mendapatkan piala, sedangkan juara harapan mendapatkan piagam dan uang pembinaan.

Masing-masing hadiah penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Dr H Mochamad Ridwan Kamil ST MUD  pada malam penutupan yang dilaksanakan pada Kamis (10/09/2020).

Sebelumnya, 40 orang Kafilah mewakili Kabupaten Kuningan di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

MTQ ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan sejak tanggal 3 -11 September 2020 di Kabupaten Subang. Terdapat 7 kecabangan yang dilombakan, diantaranya lomba Tilawah, Tahfidz, Tafsir, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Makalah Al-Quran, dan lomba Kaligrafi.

MTQ dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali. Tahun ini, MTQ dilaksanakan dengan tema LPTQ “mewujudkan generasi Qur’ani menuju Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi”.

Tujuan diadakannya kegiatan MTQ ke-36 ini adalah, untuk memasyarakatkan Al-Qur’an dalam mengamalkan ajaran Al-Quran di kehidupan masyarakat Jawa Barat.

Tentu  sebagai media dakwah dan syiar Islam dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Quran.

Selain itu untuk mengembangkan kecintaan terhadap Al-Quran melalui qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, penulis kaligrafi dan penulis makalah Al-Qur’an sebagai bentuk pendakwahan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan.

Kemudian, menetapkan peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk mewakili Jawa Barat pada ajang LPTQ Nasional di Kota Padang pada bulan November 2020 mendatang.

Dari Kabupaten Kuningan, terdapat 10 kecabangan yang di ikuti dari 10 kecabangan yang dilombakan, diantaranya tartil anak 2 orang, tilawah anak 2 orang, tilawah remaja 2 orang, tilawah dewasa 2 orang, muzawwad dewasa 2 orang, murotal dewasa 1 orang, tahfidz 1 juz dan tilawah 2 orang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lalu, tahfidz 5 juz dan tilawah 2 orang, tahfidz 10 juz 2 orang, tahfidz 20 juz 2 orang, tahfidz 30 juz 2 orang, tafsir bahasa arab 1 orang, tafsir bahasa indonesia 1 orang.

Selanjutnya tafsir bahasa inggris 1 orang, MFQ 6 orang, MSQ 6 orang, MMQ 2 orang, KHAT 2 orang. Total peserta adalah sebanyak 40 orang, dengan pembina sebanyak 7 orang dan official sebanyak 10 orang.

Sementara itu, kabag Kesra H Nurjati dan Kasubag Bina Mental Spritual Wibawa Gumbira SSos MPd mengaku gembira dengan capain yang diperoleh. Pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Anggota Koramil 1504/Subang, Sertu Suyono melaksanakan monitoring jalannya Vaksinasi Lansia Tahap 2 di Balai Desa Jalatrang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, Senin...

Village

KUNINGAN (MASS)- Fakta bahwa warga pedesaan rajin dalam membayar pajak memang tidak bisa dipungkiri.   Hal ini pun kerap mendapatkan pujian ketika pemerintah membayar...

Government

KUNINGAN (MASS) -Kuningan selatan khusus Kecamatan Subang dihantam bencana, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH langsung melakukan peninjauan ke lokasi dan kawasan  warga...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Pemuda Pemudi Rengganis (Papire) Desa/Kecamatan Subang akan menggelar kegiatan trail pada Sabtu (26/9/2020) mendatang. Acara tersebut, dirangkai dalam kegiatan Ubar Baper...

Advertisement