Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Dapur Rumah Sampai Terseret, Ini Deretan ‘Gempuran’ Longsor dan Pergeseran Tanah di Kuningan

KUNINGAN (MASS) – Selang waktu dua hari ini, Sabtu – Minggu (26-27/2/2022), BPBD Kabupaten Kuningan melaporkan beberapa kejadian longsor dan pergerakan tanah.

Hal itu, disampaikan Kalak BPBD Indra Bayu Permana S STP, setelah menerima pengumpulan data dari tim assesment Pusdalops PB (Pusat Pengandalian Operasi Penanggulangan Bencana), Minggu (27/2/2022) sore.

Kejadian pertama yang dilaporkan adalah tanah longsor pertama di Dusun Girang dan Dusun Karangtumaritis Desa Lebakherang Kecamatan Ciwaru. Kejadianya pada hari Sabtu.

Longsor yang terjadi itu, menerjang TPT sungai dan mengancam 1 bangunan warung milik Subandi. Masih di desa yang sama, selain TPT yang terancam longsor juga jembatan penghubung Dusun Karangtumaritis terancam putus.

Selanjutnya, masih di hari yang sama, gerakan tanah juga terjadi di Dusun Sagara Desa Sagaranten Kecamatan Ciwaru. Akibat gerakan tanah itu, tembok dinding dan lantai rumah permanen milik Carsini, retak-retak.

Kejadian selanjutnya, terjadi pada Hari Minggunya, ada tanah longsor di Dusun 2 Desa Giriwaringin Kecamatan Maleber. Kejadian TPT longsor ini, bahkan sampai menyeret bagian dapur rumah milik Dulhalim (berisi 7 jiwa), dan mengancam rumah Ajidin.

Selain 3 kejadian tadi, dalam laporan hariannya BPBD juga merilis 2 kejadian tanah longsor di tempat lain. Tanah lomgsor itu, terjadi di Dusun Cihirup Desa Cipakem Kecamatan Maleber, dan di Desa Gunungaci Kecamatan Subang. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan menjadi leading sektor dan menggelar rembug stunting pasa Kamis (30/6/2022) di Prima Resort Sangkanurip – Cigandamekar. Acara...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Komunitas olahraga lari, Kuningan Runners, menggelar kegiatan lomba lari estafet, sebagai puncak peringatan anniversarry yang ke-2, Minggu (26/6/2022) pagi. Kegiatan yang...

Health

KUNINGAN (MASS) – Setelah digelar Musda di awal Juni kemarin, DPD PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupetan Kuningan segera membentuk dan meresmikan kepengurusan. Kepengurusan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Sebelumnya, seleksi calon direktur PDAU Kuningan dianggap sepi pelamar. Bahkan, pendaftarannya pun sempat diperpanjang karena hanya ada 1 pelamar, yakni Muliawan...

Advertisement