Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Dapur Rumah Sampai Terseret, Ini Deretan ‘Gempuran’ Longsor dan Pergeseran Tanah di Kuningan

KUNINGAN (MASS) – Selang waktu dua hari ini, Sabtu – Minggu (26-27/2/2022), BPBD Kabupaten Kuningan melaporkan beberapa kejadian longsor dan pergerakan tanah.

Hal itu, disampaikan Kalak BPBD Indra Bayu Permana S STP, setelah menerima pengumpulan data dari tim assesment Pusdalops PB (Pusat Pengandalian Operasi Penanggulangan Bencana), Minggu (27/2/2022) sore.

Kejadian pertama yang dilaporkan adalah tanah longsor pertama di Dusun Girang dan Dusun Karangtumaritis Desa Lebakherang Kecamatan Ciwaru. Kejadianya pada hari Sabtu.

Longsor yang terjadi itu, menerjang TPT sungai dan mengancam 1 bangunan warung milik Subandi. Masih di desa yang sama, selain TPT yang terancam longsor juga jembatan penghubung Dusun Karangtumaritis terancam putus.

Selanjutnya, masih di hari yang sama, gerakan tanah juga terjadi di Dusun Sagara Desa Sagaranten Kecamatan Ciwaru. Akibat gerakan tanah itu, tembok dinding dan lantai rumah permanen milik Carsini, retak-retak.

Kejadian selanjutnya, terjadi pada Hari Minggunya, ada tanah longsor di Dusun 2 Desa Giriwaringin Kecamatan Maleber. Kejadian TPT longsor ini, bahkan sampai menyeret bagian dapur rumah milik Dulhalim (berisi 7 jiwa), dan mengancam rumah Ajidin.

Selain 3 kejadian tadi, dalam laporan hariannya BPBD juga merilis 2 kejadian tanah longsor di tempat lain. Tanah lomgsor itu, terjadi di Dusun Cihirup Desa Cipakem Kecamatan Maleber, dan di Desa Gunungaci Kecamatan Subang. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Business

KUNINGAN (MASS) – Tempat yang satu ini, bisa dibilang jadi hiddem gem (hal keren tereembunyi) yang wajib dikunjungi. Meski di tengah kota, tempat kopi...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Kepedulian untuk korban gempa di Cianjur, datang dari berbagai pihak. Pun begitu diperlihatkan Anggota DPR RI M Nurdin melalui Tim Rumah...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Nampaknya, antusias masyarakat Kuningan untuk menjadi penyelenggara pemilu sangat tinggi. Hal itulah yang terlihat dari pendaftaran PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) KPU...

Advertisement