Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Inspiration

Cerita Sofi Mahasiswa Kuningan di Osaka University yang Kangen Hucap

KUNINGAN (MASS) – Namanya Nurul Ainu Sofi. Perempuan asal Desa Caracas Kuningan ini, merupakan master student Quantum Engineering di Osaka University Japan.

Pada kuninganmass.com di sesi ngobrol bareng perantau yang disiarkan secara live di Instagram pada Sabtu (5/6/2021) pagi, dirinya banyak bercerita perihal kisahnya, hingga kini melanjutkan S2 disana.

“SD sampe SMA di Kuningan, terus masuk Unsoed di Purwokerto,” ujarnya menceritakan.

Dirinya bercerita, bahwa kini dirinya berangkat kesana dengan beasiswa penuh, setelah selesai di kampusnya.

Sebelumnya, di strata satu dirinya juga cukup banyak bercerita soal kegiatan kampusnya yang berimbang bidang akademik dan kegiatan organisasinya, bahkan sempat menjabat Wakil Presiden BEM KM Mipa Unsoed.

Saat ditanya perihal ‘kepindahannya’ ke Jepang, awlanya mengaku ada perbedaan kultur yang signifikan.

Mulai dari hal kecil, disiplin yang ketat, sampai kehidupan yang cukup individual. Tentu semuanya berbeda dengan kulturnya di Indonesia, khususnya Kuningan.

Meski pada akhirnya bisa menyesuaikan diri, dirinya mengaku masih sering ‘kangen’ pada kampung halamanya, terutama soal makanan. Di Jepang, diakuinya makanan tak sebegitu komplek perihal bumbunya.

“Hucap, kangen hucap,” jawabnya saat ditanya makanan apa yang membuatnya kangen dari Kuningan.

Perempuan lulusan SMAN 1 Kuningan itu menceritakan, bahwa kini dirinya tengah menghadapi fase ‘hampir’ lulus di Quantum Engineering.

Di tahun keduanya, Sofi sedang mempersiapkan diri untuk sidang thesis setelah 4 semester disana.

Dua tahun tidak pulang, Sofi mengaku kerinduannya pada keluarga dan Kuningan, biasanya diobatinya dengan Video Call.

Dalam obrolan santai itu, Sofi juga banyak menceritakan hal kecil dan hal besar yang tengah dihadapinya.

Adapun program ngobrol santai bareng perantau sendiri, akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan konsep yang sama dan ditayangkan di platform Kuningan Mass. (Eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PAM

Bank Kuningan

PD

PKB

Advertisement
Advertisement
Print
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – 🗓Jum’at, 10 Shafar 1443 H / 17 September 2021 M 🍂🌻 Hikmah Hari Ini🌻🍂 📚‏كثرة الذكر دليل على كثرة الفلاح، فمن...

Government

KUNINGAN – Pagelaran Seni Tradisional se-Kabupaten Kuningan dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama, SH MH yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis...

Government

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda menegaskan, vaksin covid-19 bukan untuk mengobati penyakit yang diakibatkan virus Corona, melainkan hanya untuk mencegah seseorang...

Government

KUNINGAN (MASS)- Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) melakukan Rapat koordinasi dengan Jajaran Pengurus LPTQ tingkat Kabupaten, kecamatan, Kementrian Agama, Baznas, dan Koordinator Dewan Hakim...

Advertisement