Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Lifestyle

Cat Mobil Kesayangan, Ini Kelebihan dan Kisaran Biayanya

Memiliki mobil berarti harus sadar pentingnya rutin melakukan servis kendaraan, dan menjaga penampilannya agar senantiasa terawat. Salah satu cara merawat penampilan kendaraan adalah dengan cat mobil.

Sebelum mengubah warna kendaraan Anda, tentu saja informasi mengenai biaya cat mobil per panel menjadi hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu. Pasalnya, cat mobil biasa dilakukan per panel, sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan pengerjaan bagian-bagian tersebut.

Seperti halnya saat Anda ingin memperbaiki penampilan dengan kawat gigi. Tentu saja, biaya pasang behel menjadi informasi penting yang harus diketahui.

Apalagi, jika Anda tidak memiliki cukup banyak budget, tentu saja biaya pasang behel biar murah menjadi hal penting yang dapat dihimpun.

Buat Anda yang ingin mengecat atau mengubah warna kendaraan kesayangan, berikut ini adalah informasi mengenai cat mobil, termasuk kisaran harganya:

Kelebihan Cat Mobil

Sebelum memutuskan untuk mengecat mobil, Anda harus mencari referensi terkait bengkel cat mana yang mampu memberikan hasil maksimal.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan mengganti warna kendaraan dengan cat mobil:

Memiliki Keragaman Warna

Dari segi keragaman warna, Anda bisa memilih warna sesuai keinginan. Karena pihak bengkel dapat membuatkan formulasinya khusus untuk Anda.

Inspirasi dari warna alam sekitar atau benda kesayangan dapat diwujudkan dengan mudah di mobil kesayangan Anda.

Jangka Waktu Pengerjaan

Untuk jangka waktu pengerjaan, mengganti cat mobil tentu lebih memakan waktu di bandingkan melapisi mobil dengan stiker. Sebab, proses pengerjaannya lebih kompleks.

Karena itu, sebelum dicat, harus bersihkan dulu kendaraan dari debu dan kotoran. Setelah itu, bagian mobil yang penyok di dempul agar rata dengan dengan bodi mobil di sekitarnya.

Nah, biasanya proses pendempulan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak bolong-bolong saat finishing. Baru kemudian diberi lapisan cat dasar epoxy.

Bengkel harus memastikan dempul sudah kering saat proses ini dilakukan agar tidak belang-belang, mengingat dempul ini bersifat menyerap cat. Tahapan berikutnya adalah, jika epoksi sudah benar-benar kering, baru aplikasikan dengan cat mobil.

Kemudian, ada tambahan clear untuk memberi kesan mengkilap dan compound untuk meratakan cat yang terasa kasar. Setelah ditunggu hingga kering, baru finishing dapat dilakukan dengan pemolesan agar cat mobil terkesan mewah lebih mengkilap.

Sekadar diketahui, waktu yang dibutuhkan saat melakukan pengecatan minimal sebulan dan paling lama hingga empat bulan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harga Cat Mobil

Kisaran biaya untuk cat ulang mobil full body adalah Rp15 juta hingga Rp25 juta. Harga yang tinggi ini dikarenakan bahan untuk pengecatan yang mahal dan alat yang diperlukan tidak sedikit.

Bahkan, bila bodi mobil ada yang keropos sehingga butuh pengelasan atau perbaikan bila ada kerusakan yang cukup parah, Anda harus menambah biayanya.

Durabilitas

Daya tahan cat mobil tentu lebih kuat dibanding sticker. Adanya lapisan pernis yang melindungi permukaan membuat kilau cat mobil bisa bertahan lama bahkan mencapai puluhan tahun.

Apalagi, jika diberi perawatan detailing, mobil dapat terlihat lebih mengkilap dibandingkan mobil baru.

Kisaran Harga Biaya Cat Mobil Full Body

Kisaran harga untuk cat ulang mobil full body bisa sampai belasan atau puluhan juta rupiah. Karena itu, pastikan harga yang ditawarkan sudah memberikan kualitas kinerja dan hasil yang terbaik.

Untuk estimasi biaya dari proses cat ulang mobil full body dipengaruhi oleh merek atau tipe mobil yang digunakan. Ada yang harga cat ulang mobil dengan ukuran kecil akan mendapatkan estimasi harga sekitar Rp7 hingga Rp17 jutaan untuk ukuran yang lebih besar.

Biaya di atas biasanya diperuntukkan untuk dealer bengkel cat mobil resmi dengan merk mobil pabrikan sama. Namun, saat ini ada bengkel cat mobil tak resmi yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp4 juta hingga Rp9 jutaan sesuai dengan ukuran mobil yang akan dicat ulang full body. Meski harga yang ditawarkan murah, Anda sebagai pemilik mobil wajib untuk mengetahui beberapa hal penting seperti kualitas dan pengalaman.

Itulah informasi mengenai kelebihan cat ulang mobil dan kisaran harga yang harus dikeluarkan. Jadi, sudah memutuskan mengganti warna kendaraan kesayangan?. (deden/ad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Advertisement