Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Bupati Acep Kini Punya Pusat Komando

KUNINGAN (MASS) – Selain meresmikan Taman Kota dan Launching Jalan Baru bertugu “Sajati”, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun menyempatkan diri untuk melihat-lihat Command Center. Gedung itu terletak di area setda, tak jauh dari pendopo.

“Keren. Command Center ini akan digunakan oleh pak bupati sebagai pusat komando dalam pengambilan berbagai keputusan,” ujar Ridwan Kamil berdecak kagum kala memasuki ruangan.

Saat itu kang Emil ini didampingi istrinya Atalia Prartya dan para kepala dinas Jabar. Begitu juga Acep Purnama didampingi istrinya, Ika Siti Rahmatika yang sekaligus ketua Jabar Bergerak Kuningan.

Tak ketinggalan Wabup M Ridho Suganda, Sekda Dian Rachmat Yanuar beserta istrinya masing-masing, turut menyaksikan kondisi dan perangkat IT di Command Center tersebut.

“Command Center ini memiliki 3 fungsi. Pertama sebagai Pusat Data, dimana dari sini pak bupati bisa melihat data-data dari perangkat daerah apakah sudah memenuhi standar yang diharapkan atau belum,” jelas Emil.

Fungsi kedua, sambungnya, sebagai sarana infrastruktur dalam melihat situasi dan kondisi di lapangan, baik melalui CCTV public atau media informasi, yang nanti akan dijadikan referensi sebagai bahan keputusan.

“Ketiga, sebagai alat komunikasi dengan masyarakat. Saya berharap Kuningan Command Center ini bermanfaat yang pada akhirnya membawa Kabupaten Kuningan semakin maju,” ucapnya.

Command Center itu sendiri selesai dibangun pada pertengahan Desember 2021. Telah terpasang sedikitnya 8 titik CCTV public yang terintegrasi dengan Command Center. Guna mengisi aplikasi di dalamnya, Diskominfo Kuningan selaku leading sector, bekerjasama dengan Jabar Digital Service dan Sumedang Command Center.

“Selain itu, dalam rangka menuju Kuningan Smart City, kami juga sudah membuat satu aplikasi Kuda Siwindu, singkatan dari Kuningan Cerdas, Aplikasi Wahana Transformasi Kehidupan Baru,” papar Kepala Diskominfo Kuningan, Wahyu Hidayah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wahyu tidak dapat memungkiri, perkembangan teknologi informasi sangat memengaruhi teknologi informasi. Untuk itu, kedepan pihaknya akan memaksimalkan Command Center dengan penambahan aplikasi sesuai kebutuhan.

Atas terbangunnya fasilitas strategis yang didanai APBD Provinsi Jabar, Bupati Acep Purnama mengapreasi sekaligus berterimakasih kepada Gubernur Ridwan Kamil. Dengan adanya Command Center, pihaknya dapat memantau setiap perkembangan di Kabupaten Kuningan.

“Melalui komunikasi cepat dengan seluruh perangkat daerah, kami bisa membahas situasi Kuningan melalui data-data yang ada. Kami juga berharap kedepan perkembangan Command Center dapat segera dilaksanakan sehingga jalan-jalan dan obyek wisata dapat terpantau lewat CCTV public,” ucap Acep. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Saat pulang dari Rancah, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH terlibat kecelakaan ringan di Dusun Manis Desa Windujanten Kecamatan Kadugede,...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) wilayah Cirebon menggelar kegiatan Ngopdar (Ngobrol Perkara Kedaerahan) di balai Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung Kuningan, pada Selasa...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Saat sosialisasi jalan lingkar timur selatan di Kelurahan Citangtu Kecamatan Kuningan, Selasa (29/3/2022), Bupati H Acep Purnama sempat mengomentari tragedi sadis...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Saat ada anggota dewan yang ikut terlibat dalam pengadaan komoditas sembako bansos, Bupati H Acep Purnama terkesan tidak mempersolkan. Bahkan dirinya...

Advertisement