Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Berikut 19 Istilah Dalam Jual Beli Online

KUNINGAN (MASS) – Perkembangan medsos dan e-commerce membuat bisnis baru yang semuanya berbasis bisnis digital, online shop.

Belakangan, Istilah-Istilah yang biasa digunakan dalam online shop ini memang beragam, baik sebagai penjual maupun pembeli sebelum transaksi. Berikut adalah kata-kata yang biasa digunakan dalam transaksi online.

1.COD (Cash On Delivery)
Istilah COD sendiri banyak digunakan baik untuk penjual maupun pembeli. COD sendiri, biasa digunakan untuk transaksi langsung, bertemu di suatu tempat dan membarter bareng dan uang.
“Bisa COD di rumah lur,”

2.DP (Down Payment)
Istilah yang satu ini memang cukup sering digunakan dalam transaksi dna jual beli online. DP ataudown payment merupakan istilah yang digunakan untuk kata uang muka. Uang muka ini, biasanya digunakan untuk tanda jadi sehuah transaski.
“DP minimal 10 %,”

3.PO (Pre-Order)
Pre Order – PO sendiri biasa digunakan untuk istilah barang yang hanya dijual melalui pesanan. Bisa karena barangnya dibuat terbatas, atau memang tidak teraedia untuk saat itu.
“Open PO, takjil buat nanti sore,”

4.Ready stock
Iatilah yang satu ini merupakan kebalikan dari PO. Ready stock, merupakan kondisi dimana barang sudah ada dan siap untuk transaksi.
“Kerudungnya, ready stok ya sist,”

5.WTS dan WTB
WTS dan WTB ini merupakan dua kata yang berkenalikan makna. WTS biasnaya digunakan oleh penjual yang ingin menjual barang dengan spesifikasi yang sudah tertera. Want to Sell
“WTS (Dijual), motor dengan spek berikut”

Sedangkan WTB, adalah istilah yang digunakan ketika seseorang mencari sesuatu, barang dengan spesifikasi tertentu.
“WTB (Nyari barang) motor demgan merek dan tahun berikut”PL dan Rate Card
Istilah ini lebih biasa digunakan untuk penjual jasa online. Istilah ini, biasa digunakan freelancer bahkan influencer dalam jasanya. PL adalah Price List, biasa juga rate card (daftar harga)
“Mas, minta price list buat foto pre wedding dong,”

6.OEM (Original Equipment Manufacture)
Istilah ini, merujuk pada barang yang akan dijadikan transaksi, masih merupakan original pabrik.
“OEM nih barangnya, pabrikan,”

7.BNIB (Brand New In Box)
Sedangkan istilah yang satu ini, merujuk pada barang masih baru dalam kemasan.
“BNIB guys sepatunya, baru banget beli, salah nomer mau dijual lagi”

8.Preloved – Thrift
Kebalikan dari istilah sebelumnya, Preloved (PL) yang kadang juga disebut thrift merupakan jualan unruk barang yang dianggap tidak baru, bisa second bisa reject pabrik.
“Mau gaya tapi harga murah? Preloved aja!”

9.Nego
Nego sendiri biasanya digunakan untuk menentukan harga. Nego berasal dari kaya negosiasi, berunding. Biasanya digunakan untuk harga yang masih bisa ditawar.
“10 juta, nego tipis gan”

10.Nett-fix
Dua istilah ini, merupakan kebalikan dari iatilah sebelumnya. Istilah ini, merupakan harga pasti yang sudah ditentukan untuk barang.
“90 ribu net gan,”
“Harga fix nya segitu gan, gak bisa kurang”

Advertisement. Scroll to continue reading.

11.No Afgan
Kalimat ini, memang agak lucu. Nama afgan dikenal sebagai artis ternama. Dan salah satu lagunya berjudul Sadis. Maka, no afgan biasanya merupakan peringatan dari penjual pada pembeli agar tidak sadis terutama dalam menawar.
“Nego tipis, no afgan,”

12.Keep
Kata keep berasal dari bahasa Inggris yang artinya simpan, tunda. Kata ini, biasa digunakan pembeli untuk mempin, atau menandai jual beli sebelum transaksi.
“Keep dulu gan,”

13.BT dan TT
BT dan TT adalah dua istilah uang cukup umun digunakan. BT adalah singkatan Barter, atau tukeran. Sedangkan istilah TT adalah kepanjangan dari tuker tambah.
“Hp full set, TT atau BT setara gan,”

14.No Minus
Kalimat satu ini, biasnaya digunakan untuk menjelaskan kondisi barang yang akan dijual. No minus, tanpa kekurangan atau tidak ada cacat.
“Dijual, hp mo minus”

15.Ongkir
Ongkir merupakan kepanjangan ongkos kirim. Biasanya digunakan untuk transaksi jarak jauh, yang perlu modal dalam pengantarannya.
“Ongkir ditanggung pembeli ya,”

16.Retur atau return
Istilah yang satu ini, biasa digunakan untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli. Return berasal dari bahasa Inggris dan banyak digunakan dalam transaski belanja online.
“Kalo rusak, bisa di retur”

17.Sold out
Sold out, atau terjual merupakan iatilah bahasa inggris yang sering digunakan dalam transaksi online juga. Sold out, menggambarkan kondisi barang yang sudah terjual, tapi gambarnya masih terpampang di katalog jualan.
“Yang merah, udah sold out sist”

18.BU
BU ini lebih familiar ketika jualan di medsos. Jualan yang satu ini, biasanya bukan dilakukan penjual rutin. Penjual hanya menjual saat butuh saja. BU (Buruh Uang)
“BU gan, jual cepat motor dengan spesifikasi bla bla bla”

19.YP (Yatim Piatu)
Kalo yang satu ini, cukup khusus biasa digunakan jual beli motor second. Motor, dianggap yatim piatu saat surat-surat kelengkapan berupa STNK dan BPKB nya sudah tidak ada. Jika tidak ada salah satunya, biasa disebut yatim
“Jual murah gan motor bla bla bla, setengahan, yatim cuman ada STNK”

Selain kata-kata tadi, ada yang mau nambahin? (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Village

CIMAHI (MASS) – Babinsa Cikeusal Koramil 1507/Luragung, Serda Dasim Hasanudin melaksanakan gotong royong dengan warga. Gotong royong untuk membangun rumah Ibu Enah di RT...

Government

KUNINGAN (MASS) –  Untuk update Senin (17/5/2021) kasus positif covid-19 naik, tapi kenaikannya tidak begitu banyak yakni delapan orang.                                                                          Sementara jumlah sembuhnya  bertambah  dua...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Dalam Rangka Menghadapi Musda DPD KNPI Kuningan XV kami selaku SC telah membuka pendaftaran calon Ketua DPD KNPI Kuningan yang baru.Adapun...

Government

Kuningan – Meskipun seluruh pegawai telah melaksanakan vaksinasi anti covid 19 sebulan lalu, namun BNN tetap melakukan antisipasi dengan tes swab antigen. Kegiatan ini...

Advertisement