Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Anything

Batu Berbentuk Kelamin Manusia dan Mitos Tentang Waduk

KUNINGAN (Mass)-  Kecamatan Ciniru merupakan daerah yang berada di wilayah selatan Kabupaten Kuningan. Di wilayah ini ada dua batu menyerupai kelamin manusia.

Batu berbentuk kelamin pria di Desa Cipedes berada dialiran sungai. Begitu juga batu berbentuk rahim perempuan di Desa Cijemit tepatnya di Dusun Sukasari berada dialiran sungai Cipedak.

Bagi warga Ciniru dua batu tersebut menyimpan sebuah mitos mengenai waduk. Apabila batu tersebut bertemu maka Ciniru akan menjadi waduk. Padahal jarak antar Cipedes dan Cijemit cukup jauh.

Menurut cerita warga batu tersebut bisa saja bertemu kalau ada banjir atau pun faktor lain. Mitos Ciniru menjadi waduk bukan hanya isapan jempol.

Sempat tiga kali pemerintah  melakukan kajian  yakni pada tahun 1982, 2004 serta tahun 2010-an. Namun, lagi-lagi gagal karena warga menolak dan mereka melakukan aksi demo.

“Keberadaan dua batu tersebut memang tidak terlepas dari mitos bakal adanya waduk di Ciniru,” ucap Cucu Sumadi warga Cijemit kepada Kuninganmass.com, Minggu (29/1/2017).

Cerita ini terus turun temurun hingga kini dan warga sendiri beragam menanggapinya. Bagi Cucu, alasan warga menolak pembuatan waduk karena mereka tidak rela harus pergi dari tanah kelahiran.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Akan terlalu banyak kenangan yang terhapus maka warga tidak rela tanah kelahirannya menjadi waduk,” jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun alasan pemerintah menjadikan Ciniru jadi waduk karena daerahnya berbentuk cekungan, sehingga untuk membangun waduk cukup mudah.

Dengan begini maka akan akan mengurangi biaya. Gagalnya rencana pembuatan waduk membuat pemerintah mengalihkan pembuatan waduk ke Cileuwung dan saat ini tengah proses pembangunan.

Ciniru sendiri berasal dari kata nyiru atau tampah. Wilayah ini memang daerah gersang sehingga cocok dijadikan waduk. Warganya kebanyakan pergi merantau ke kota besar. (agus)

 

 

 

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Uncategorized

KUNINGAN (Mass)- Meski sudah melakukan perekutan calon Direktur PDAU. Namun ternyata Direktur terpilih diduga tersandung masalah hukum sehingga mengundurkan diri. Permasalahan ini menjadi perhatian...

Government

KUNINGAN (Mass)-  Sebagai daerah tujuan wisata Kabupaten Kuningan selama libur Idul Fitri banyak dikunjungi wisatawan. Dari data yang dimiliki oleh Dinas Pemuda Olahraga dan...

Uncategorized

KUNINGAN (Mass)- Meski liburan lebaran sudah selesai. Namun, jumlah pengunjung ke objek wisata yang ada di Kuningan masih terlihat penuh, khususnya yang banyak menyediakan...

Uncategorized

KUNINGAN (Mass) – Tak jauh dari lokasi Obwis Palutungan di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kuningan, salah satu obwis alam menarik lainnya yakni Tenjo Laut...

Advertisement