Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Atasi Solusi Sampah, 8 TPS 3R Diluncurkan

KUNINGAN (MASS)- Masalah sampah menjadi perhatian serius Bupati Kuningan sehingga beruapaya mencari solusi. Salah satunya dibangunnya TPS di tiap desa.

Kamis (10/2/2022) bertempat di Desa Padamenak Kecamatan Jalaksana, Bupati Kuningan H Acep Purnama meluncurkan TPS  3R atau Tempat pengeloalan Sampah Reduce, Reuse dan Reccle di 8 desa.

Adapun ke 8 desa tersebut adalah Desa Wanasaraya Kecamatan Kalimanggis, Desa Citundun Kecamatan Ciwaru, Desa Cikahuripan Kecamatan Maleber.

Selanjutnya, Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan, Desa Luragungtongoh Kecamatan Luragung, Desa Gandasoli Kecamatan Kramatulya, Desa Padamenak Kecamatan Jalaksana dan terakhir  Desa/Kecamatan Selajmabe.

Sementara itu, bupati menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada Bank Kuningan karena pembangunan 8 TPS bisa terwujud.

“Saya berharap dengan diresmikannya TPS 3R ini dapat  dipergunakan semaksimal mungki dan mampu memberikan mafaat secara langsung bagi warga,” jelasnya.

Diterangkan, TPS 3R itu konsepnya adalah mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle).  Dengan adanya TPS ini warga bisa terlibat langsung dalam pengelolan sampah.

Selain memiliki hasil yang positif bagi lingkungan hidup di daerah sekitar, hasil pengelolaan sampah dapat menghasilkan kompos dan sebagainya, tentunya ini akan juga dapat menciptakan nilai ekonomis.

“Semoga ini dapat berkelanjutan memberikan dampak yang baik, tentunya harus dijaga untuk keberlangsungan TPS3R ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama Ketua TPP Kuningan Hj Ika Acep Purnama mengatakan, dengan adanya TPS 3R dapat terciptanya lingkungan sehat sehingga akan mampu menuntaskan  persoalaan kesehatan termasuk menurunkan angka stunting dan penyakit lainnya.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, digelar upacara di banyak tempat. Termasuk yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, Sabtu...

Advertisement