Dinsos Akui Mediasi Dugaan PHK Sepihak Bank Danamon

KUNINGAN (Mass) – Setelah sebelumnya ada pengakuan soal PHK yang diduga dilakukan secara sepihak terhadap karyawan Bank Danamon bernama Dedi Setiawan, akhirnya dibenarkan pihak Dinsosnaker Kabupaten Kuningan. Bahkan, pertemuan sebagai bentuk mediasi itu dilakukan dengan menghadirkan Dedi Setiawan serta manajemen dari pihak Bank Danamon.

“Iya kemarin kedatangan dari pihak manajemen Bank Danamon dan juga Dedi Setiawan untuk dimediasi. Itu bu Siti yang menangani ya, tapi lagi keluar. Jadi itu mediasi antara manajemen dengan karyawan karena ada ketidaksepahaman, tapi nanti sama bu Siti saja supaya lebih jelas,” kata salah seorang Kasi yang menangani ketenagakerjaan Dinsosnaker, Asep Samsu Ramli saat ditemui awak media di kantornya, Jumat (5/8).

Pihaknya mengaku, hingga saat ini baru dilakukan tahap awal sehingga belum menghasilkan anjuran yang dikeluarkan Dinsosnaker kepada pihak Bank Danamon hingga sepuluh hari kerja kedepan.

“Jadi ini baru proses mediasi tahap awal karena dari pekerja ada tuntutan, dan dari pihak manajemen mintanya anjuran. Nanti anjurannya bagaimana, apakah menerima atau menolak, jika tidak diterima nanti bikin lagi yang kedua, hingga akhirnya apabila masih seperti itu maka akan masuk di ranah PHI (Pengadilan Hubungan Industrial),” jelasnya.

Sekali lagi Asep menegaskan, untuk lebih jelasnya nanti harus dikonfirmasi ke mediator saat itu yang ditangani Titi. “Nanti silahkan ke Bu Titi, cuma lagi gak ada. Sekarang ini juga baru dipelajari hasil dari pertemuan pa Dedi dengan pihak Bank Danamon, nanti ada anjuran dari kami untuk dilaksanakan tuntutan itu apakah diterima atau ditolak,” katanya.

Sementara ketika dikonfirmasi ke pihak Bank Danamon yang berkantor di dekat Pasar Kepuh Kuningan dan kawasan Jalan Raya Siliwangi Kuningan, justru tidak bisa memberikan keterangan banyak. Malah, para pegawai bank sebagian besar tidak tahu menahu perihal dugaan PHK sepihak yang dilakukan Bank Danamon terhadap Dedi Setiawan.

Seperti diakui salah seorang pegawai Bank Danamon bagian Simpan Pinjam di dekat Pasar Kepuh Kuningan, Iman Sukmana. Dirinya mengaku untuk perihal dugaan PHK itu tidak terlalu tahu, dan belum paham sama sekali.

“Saya malahan belum paham soal itu ya, karena saya memang sibuk di lapangan sih. Paling datang kesini, keliling paling kebanyakan ya saya di lapangan gak memantau, ngurusin yang di lapangan saja saya juga belum keurus, jadi gak ngikutin,” ungkapnya.

Namun, dirinya memang kadang bertemu dengan Dedi Setiawan di kantor Bank Danamon bagian simpan pinjam yang berlokasi di dekat Pasar Kepuh Kuningan tersebut. “Ya kalau absen (Dedi, red) sih bisa dimana saja ya, paling kalau ketemu ya jam segini (Pukul 10.30 WIB, red) jadi gak liat aktifitasnya,” pungkasnya.(andri)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com