Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Alumni Ponpes Al Istiqomah, Penuhi Peringatan Haul Ke-8 Kyai Qomarudin

KUNINGAN (MASS) – Para alumni pondok pesantren Al Istiqomah Desa/Kecamatan Subang, nampak berkumpul kembali di tempat dulu mereka belajar ngaji, Sabtu-Minggu (5-6/11/2022).

Alumni yang sudah tersebar dan mukin bahkan sampai di luar pulau Jawa itu, mengenang dan mengingat kembali, bagaimana suasana, ajaran hingga amanat almarhum KH Qomarudin Al Jauhari bin K Nurhasyim.

Ya, datangnya para alumni ini, dalam ranhka memperingati Haul ke-8 Pangersa Akang (almarhum), sekaligus reuni para alumni, yang tergabung dalam Ikatan Silaturahmi Alumni Al Istiqomah (Islah).

Sementara, kegiatan demi kegiatan digelar dalam acara ini, mulai dari Khotmil Quran, Tahlil, dan Maulid Barzanji di hari pertama. Kemudian, acara dilanjutkan di hari berikutnya dengan pembacaan amanat akang, serta pesan-pesan baik dari keluarga almarhum, sampai pimpinan pondok saat ini, Kyai Aef Saepurrohman.

Acara juga diisi dengan hadroh dan tausiyah, serta dilanjutkan dengan ziarah kubur. Kemudian, acara ditutup setelah dilakukan rapat kerja tahunan alumni.

Ketua alumni Ust Defriyadi, dalam sambutannya mengingatkan untuk terus mempererat persatuan dan peran masing-masing dimanapun, dan sebagai apapun saat ini.

Meski kesibukan mungkin sudah berbeda, Ustadz Defri mempertegas, sebagai alumni pondok, harus tetap menerapkan apa yang menjadi motto mereka.

“Ngaji, ngahiji, ngabakti,” pesan Ustadz Defri, di hadapan seluruh yang hadir.

Adapun, alumni yang datang sendiri, mencakup dari berbagai angkatan sejak awal berdiri pondok di tahun 1994. Mereka, datang kembali ke pondok, dengan membawa latar profesi, serta asal daerah dan kota yang beragam. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

SINDANGAGUNG (MASS) – Anak-anak Desa Mekarmukti Kecamatan Sindangagung terlihat sumringah saat berkumpul dengan teman sebaya-‘ya. Mereka antusias, karena selain bermain juga mengikuti lomba keagamaan....

Education

KUNINGAN (MASS) – UNESCO telah menetapkan tanggal 21 Februari merupakan Hari Bahasa Ibu Internasional. Dalam peringatannya, Hima Dikbastrada STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar kegiatan dengan...

Social Culture

KUNINGAN (MASS)- Latunan sholawat diiringi tetabuhan bernuansa islami menggema di sepanjang jalan desa Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar  pada Senin (19/11/2018) malam. Ribuan warga pun turut...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep merasakan suasana beda dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun  1440. Ia  menilai tahun ini peringatan  di Kabupaten...

Advertisement