Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Ajukan Bantuan Rp2,4 Juta, 12 Ribu UMKM Dicoret

KUNINGAN (MASS)- Hingga tanggal 9 September 2020  jumlah pelaku usaha mikro yang menyerahkan data ke Kantor Dinas Kopdagrin Kuningan adalah 82 ribu.

Jumlah itu langsung diusulkan untuk menerimaan bantuan ke Kementerian KUKMM melalui pihak pemprov. Namun, ternyata data terbaru setelah diverifikasi oleh pihak Pemprov Jabar menjadi 70 ribu.

“Yang tidak lolos verifikasi sebanyak 12 ribu pelaku usaha mikro. Kebanyakan karena double atau ganda,” ujar Kabid Usaha Mikro Kecil dan Menengan Perindustrian Dinas kkopdagrin Kuningan Ir Tatang  Rustandi MP, Senin (21/9/2020) pagi.

Tatang mengaku, proses bantuan ini melalui 10 tahap, sehingga warga diminta sabar. Bantuan ini pun sepenuhnya menjadi hak pusat, siapa yang layak mendapatkan bantuan.

Sekedar informasi,   pelaku usaha terdampak  covid-19 akan   mendaptkan  bantuan dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta. Kuota untuk bantuan BPUM (Banpres bagi pelaku UMKM) ini totalnya adalah 12 juta se-Indonesia.

Tidak ada kuota per daerah sehingga tergantung pemerintah pusat yang  menentukan siapa yang mendapatkan bantuan.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada suatu kesempatan menyebutkan, bantuan produktif UMKM  khusus bagi mereka belum mendapatkan pembiayaan perbankan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Mereka yang berhak menerima bantuan tersebut yakni para pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan,” jelasnya. 

Adapun persyaratannya di antaranya WNI, mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya, serta bukan ASN, anggota TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Economics

KUNINGAN (MASS) – Sudah dua hari ini kantor BRI diserbu warga Kabupaten Kuningan yang mendapatkan bantuan Rp2,4 juta dari pemerintah kepada pelaku usaha yang...

Government

KUNINGAN (MASS)- Meski tahap satu disalurkan pada 17 Agustus 2020. Namun, banyak pelaku UMKM di Kabupaten Kuningan yang tidak mengetahui bahwa ada bantuan bagi...

Government

KUNINGAN (MASS)- Wabup Kuningan HM Ridho Suganda Rabu(3/6/2020), meninjau UMKM ketemling/gemblong yang ada di Desa Karangkamulyan Kecamatan Ciawigebang. Orang nomor dua di kota kuda...

Economics

PANCALANG (MASS)- Wabup Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi melakukan kunjungan langsung kepada para pelaku Ekonomi Kreatif dan UMKM yang ada di Desa Sarewu...

Advertisement