Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Nasional

Acep-Aang dan Sultan Sepuh Hadir di Pertemuan Raja-raja Nusantara

KUNINGAN (MASS) – Bupati dan mantan Bupati Kuningan, Acep Purnama SH MH serta H Aang Hamid Suganda terlihat hadir dalam malam khidmat silaturahmi keturunan Sunan Gunung Djati, silatnas raja-raja Nusantara, Sabtu (6/2/2022) malam.

Acara yang digelar di Ballroom Hotel Cordella Jalan Siliwangi Kuningan itu, menghadirkan raja-raja dari berbagai daerah di Nusantara. Hadir dalam kesempatan itu, puluhan tokoh kerajaan seperti Raja Samu-Samu VI dari Maluku, perwakilan dari Kerajaan Renah Sekalawi Bengkulu.

Hadir juga perwakilan lainnya baik dari tokoh ulama maupun dewan penasihat dan penasihat madya Silatnas dari Jakarta. Tercatat hadir juga perwakilan dari Kesultanan Riau Lingga – Riau, dari Raja Wokas Seran Timur Maluku.

Lalu perwakilan dari Kerajaan Tanah Bumbu – Kalimantan Selatan, Kerajaan Binamu – Sulawesi Selatan, dari Kerjaaan Jambi, Kesultanan Jambi, Cucu Raja Luhu -Ambon, perwakilan Kerajaan Karang Tampang – Aceh, lalu hadir pemerhati dan peneliti sejarah serta tamu kehormatan lainnya.

Atas kedatangan itu, dzuriah Sunan Gunung Djati Raden Hamzaiya menuturkan mengucapkan amat terimakasih kepada beberapa raja atau sultan yang sudah mau berkunjung dan bersilaturahmi dengan dzuriah atau keturunan sunan gunung jati.

“Momen seperti ini akan meningkatkan serta melestarikan nilai budaya dan memperkenalkan keindahan alam kabupaten Kuningan beserta masa lalu nya (sejarah-hostori) agar semakin terkenal ke seluruh lapisan masyarakat di Nusantara,” sebutnya.

Raden Hamzaiya juga menuambahkan, memang kegiatan melibatkan banyak pihak, baik dari jajaran akademisi juga dari kalangan pemerintah dan tokoh kabupaten Kuningan.

Raden Hamzaiya menuturkan kedatangan raja Sultan tersebut diterima langsung oleh YM Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja bersama Patih Sepuh Pangeran Arya. Menger.

Dalam acara itu, pihak keturunan Gunung Jati juga memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada seluruh tokoh kabupaten Kuningan.Termasuk di dalamnya Acep dan Aang. Menerima penghargaan juga dari unsur lainnya seperti akademisi, pengusaha, tokoh politisi seperti Dudy Pamuji, serta tokoh muda dan aktivis seperti Nabil dan Nana.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, dirinya hadir sebagaimana undangan lainnya. Dirinya mengatakan bahwa tidak akan mungkin ada masa saat ini jika tidak ada masa lalu.

“Ini adalah khasanah yang sangat bernilai penting, “ ucapnya sebelum pulang meninggalkan gedung setelah acara selesai. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Berkomitmen memberikan dukungan maksimal bagi santri-santrinya dalam mempersiapkan seleksi masuk perguruan tinggi, Pondok Pesantren Husnul Khotimah kembali mengadakan University Expo. Bekerja...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kesedihan mendalam dirasakan keluarga saat tahu MAF, warga Japara menghembuskan nafas terakhirnya dengan cara tak terduga. Warga sekitar, juga sama kagetnya...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Kader-kader Gerindra nampak memenuhi sekertariat DPC Gerindra di Jalan Siliwangi – Cirendang pada Senin (6/2/2023) kemarin. Dengan seragam dan logo kebanggan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kejadian menghebohkan warga Desa Karangabaru Kecamatan Ciwaru, tak berhenti pada dugaan penyalahgunaan data pribadi warga untuk pinjaman kredit bank emok. Pasalnya,...

Advertisement