Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizenmass

7 Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan

KUNINGAN (MASS)- Indoenesia menjadi salah satu negara di dunia yang dikenal memiliki tradisi adat istiadat yang sangat kuat, yang hingga kini sebagian besar penduduknya masih menjalankan tradisi sopan santun serta ramah tamah.

Di samping itu, karakter bangsa indonesia yang tak kalah kuatnya adalah murah senyum.Tersenyum sering dianggap sebagai tanda kebahagiaan serta sopan santun yang dilakukan seseorang untuk merespon suatu keadaan atau peristiwa.

Hampir setiap orang pernah mengalami atau melihat orang tersenyum. Sebagian orang juga menganggap bahwa wajah seseorang ketika tersenyum jauh lebih menarik daripada yang biasa saja.

Selain membuat seseorang tampak menarik, tersenyum ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut 7 manfaat pada saat kita tersenyum :

1.Mengurangi stres
Senyuman memacu reaksi kimia di otak dan melepaskan hormon-hormon tertentu yang berkaitan dengan tingkat stres seseorang.
“Tersenyum melepaskan hormon dopamin untuk meningkatkan perasaan bahagia. Pelepasan serotonin juga dikaitkan dengan berkurangnya tingkat stres. Tingkat dopamin dan serotonin yang rendah sering dikaitkan dengan depresi,” ungkap Dr. Isha Gupta, ahli saraf dari IGEA Brain and Spine.

2.Baik untuk kesehatan jantung
Selain itu, tersenyum juga membantu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Studi yang diungkapkan dalam The College of Family Physicians mengatakan, tersenyum hingga tertawa menyebabkan peningkatan langsung dalam detak jantung dan konsumsi oksigen, yang diikuti dengan relaksasi otot, penurunan denyut jantung, dan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

3.Lebih awet muda
Usia akan terus bertambah, namun sebaiknya hal tersebut tidak melunturkan senyum di wajah kita, ya.
Studi dari Psychology and Aging mengungkapkan, ketika seseorang tersenyum maka ia akan terlihat lebih awet muda dibandingkan orang dengan ekspresi netral atau marah.

4.Menjaga sistem kekebalan tubuh
Tersenyum hingga tertawa juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik. Tersenyum mampu meningkatkan sel kekebalan tubuh dan antibodi penangkal infeksi, yang akhirnya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala jenis penyakit.

5.Memperbaiki mood
Apabila kita sedang merasa sedih dan merasa mood kita sedang hancur, coba lengkungkan sedikit bibir kita untuk tersenyum. Itu bukan berarti suasana hati dan pikiran kita akan membaik. Tetapi dengan kita tersenyum akan mengaktifkan penyampaian di otak yang dapat menipu tubuh untuk menaikan mood.
Sebuah senyuman dapat memancing dilepaskannya neurotransmitter (senyawa penyampai pesan) seperti senyawa dopamin dan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati. Dipercaya bahawa senyuman dapat bertindak sebagai antidepresan alami.

6.Meningkatkan rasa percaya diri
Berbagai kajian ilmiah telah menemukan orang yang sering tersenyum terlihat lebih percaya diri. Hal ini juga berujung pada kesuksedan dalam performa pekerjaan. Oleh sebab itu, berusahalah selalu tersenyum di hadapan kolega, pelanggan, klien, hingga atasan yang mungkin memberikan respon positif dari mereka terhadap kita.

7.Menjadi lebih menarik
Saat tersenyum, wajah seseorang akan terlihat berseri-seri sehingga kebahagiaan di dalam hati dan jiwanya terpancar. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi penampilan, di mana orang yang terbiasa tersenyum akan terlihat jauh lebih menarik daripada orang yang jarang tersenyum.

Nah, itulah beberapa manfaat tersenyum yang berguna bagi kesehatan tubuh. So, jangan lupa tersenyum hari ini. Semoga hari-harimu bahagia.***

Penulis : Maryam Nurfauziah)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Perumahan Graha Santoso Ciwaru

You May Also Like

Village

KUNINGAN (MASS) – Program TMMD ke 111 di Desa Jamberama Kecamatan Selajambe mencakup semua aspek. Sasaran fisik memang yang paling dominan. Salah satu sasaran...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Hidup di pesantren sebagai santri, nampaknya tidak menghilangkan semangat pergerakan dan berorganisasi serta daerah asalnya. Mungkin kalimat itulah yang pantas disematkan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Bagi kalian para siswa tingkat SLTA yang memang hobi bergelut di bidang sastra, informasi ini bisa jadi kabar gembira. Pasalnya, akan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Memasuki tanggal 13 Juni kasus positif covid-19 terus termasuk. Kenaikannya adalah 38 orang. Sementara pasien yang sembuh adalah 13 orang. Terus mengalami...

Advertisement