Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

11 Mahasiswa Uniku Ikuti Kelas Internasional Virtual Mobility di UUM Malaysia

KUNINGAN (MASS)- Hari Senin (22/03/2021) pukul 10.00 Am GMT+8 Waktu Kedah Malaysia kemarin, telah dilaksanakan proses penerimaan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) untuk mengikuti kegiatan kelas international “Virtual Mobility” di Universiti Utara Malaysia (UUM).

Proses penerimaan mahasiswa FKOM Uniku tersebut, berlangsung secara daring dengan menggunakan media Webex.

Acara tersebut, dihadiri oleh Director UUM Centre for International Affairs dan Cooperation (CIAC) Prof. Madya Dr. Badariah Haji Din, Mobility Manager Dr. Jennie Soo, Kepala Kantor Hubungan Internasional dan Kerjasama (KUHIK) Uniku Iqbal Araniri, MM., Pimpinan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) dan dosen pengampu matakuliah.

Menurut Kepala Kantor Hubungan Internasional dan Kerjasama Iqbal Arraniri, MM., Rabu (24/03/2021), kerjasama antara UUM dan UNIKU harus terus dijalin sebagai bukti dan implementasi dari perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani.

“Baru saja kemarin kita menerima dua) mahasiswa dari UUM untuk belajar di kampus pertama di Kabupaten Kuningan, kini giliran kita mengirimkan 11 mahasiswa FKOM Uniku untuk belajar kuliah di UUM Malaysia dalam program “Virtual Mobility”,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) menuturkan, pada tahun 2021 Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) kembali mendapatkan kepercayaan dari UUM dan Uniku untuk kembali menerima dan mengirimkan mahasiswa pada kegiatan “Virtual Mobility”.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini kita kembali mendapatkan kepercayaan untuk menerima lagi mahasiswa UUM untuk belajar di FKOM Uniku sebanyak dua (2) orang. Dan, dari FKOM Uniku juga mengirimkan 11 orang mahasiswa dari 3 program studi yang ada di lingkungan FKOM untuk mengikuti realisasi program kerjasama antara UUM dengan Uniku yang bernama “Virtual Mobility”,” tuturnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurutnya, kesebelas (11) mahasiswa FKOM Uniku yang mengikuti program “Virtual Mobility” terdiri dari tiga (3) Prodi tersebut adalah :

NONIMNama MahasiswaProgram Studi
120180810046Ayu MargaretaTeknik Informatika S1
220180810088Euis SantikaTeknik Informatika S1
320180810007Lieken FebrinaTeknik Informatika S1
420180810137Yusrinnatul JinanaTeknik Informatika S1
520180910044Evy Setia OktavianiSistem Informasi S1
620180910052Muhamad YunusSistem Informasi S1
720180910079Muhamad Dhiemas Adi PradanaSistem Informasi S1
820180910076Tiyara Rizki AmeliyaSistem Informasi S1
920181810012Puang AndiniDesain Komunikasi Visual S1
1020191810021Lathifah Nur RahyaDesain Komunikasi Visual S1
1120191810027MelicikarismaDesain Komunikasi Visual S1

“Ada 11 orang mahasiswa FKOM Uniku yang kami kirimkan untuk mengikuti kegiatan “Virtual Mobility” tahun2021,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung Tito sapaan akrabnya, menambahkan, kepercayaan dari SOC UUM membuktikan bahwa Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) memiliki kualitas dan kompetensi yang baik.

“Ini menunjukan bahwa mahasiswa dan mahasiswi dari FKOM Uniku memiliki kualitas dan kompetensi yang baik sehingga kembali dipercaya untuk mengikuti program tersebut,” tambahnya.

Tito menjelaskan, bahwa kesebelas (11) mahasiswa tersebut akan bergabung di SOC UUM dengan mahasiswa dari Universitas lain diantaranya University Utara Malaysia (UUM), Universitas Islam Negeri (UIN) A-Raniry, Universitas Muhammadiyah Buton.

“Kesebelas mahasiswa FKOM Uniku akan bergabung bersama dengan mahasiswa dan mahasiswi lainnya dari University Utara Malaysia (UUM), Universitas Islam Negeri (UIN) A-Raniry, Universitas Muhammadiyah Buton,” jelasnya.

Diakhir keterangannya, Tito mengatakan, untuk teknis pelaksanaan kuliah dijelaskan secara rinci oleh Mobility Manager Dr. Jennie Soo. Pelaksanaan perkuliahan di semester genap tahun akademik 2020 – 2021 dilaksanakan secara daring menggunakan fasilitas Webex. Semua materi dan absensi dilakukan di Portal Daring UUM.

“Semoga kedepannya Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) dapat menjalin kerjasama lebih erat dengan UUM Malaysia dalam bidang-bidang lainnya,” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terpisah, Wakil Rektor I Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi kepada mahasiswa dan mahasiswi dari UUM dan Uniku yang akan mengikuti kegiatan kelas internasional dengan nama program “Virtual Mobility”.

“Saya atas nama pribadi dan lembaga menyambut baik, bangga dan menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 11 mahasiswa FKOM Uniku dan dua (2) orang mahasiswa UUM yang akan mengikuti kegiatan kelas internasional Virtual Mobility. Selamat datang di kampus pertama yang ada di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini, mungkin bukan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Uniku dan UUM. Namun, UUM dan Uniku sudah beberapa kali melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa tersebut. “Kegiatan Virtual Mobility ini merupakan salah satu bentuk dari realisasi kerjasama yang sudah ditandatangani antara Uniku dan UUM,” ujarnya.

Lebih jauh, Anna berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan dapat terus mempererat tali silturahmi dan kerjasama antara UUM dengan Uniku semakin erat lagi di bidang tri dharma perguruan tinggi.

“Semoga, jalinan kerjasama dan silaturahmi antara UUM dan Uniku semakin lebih erat lagi,” harapnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement