Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Tourism

Wisata Sungai Purba Cisetra dilaunching

CINIRU (MASS) – Desa Cipedes Kecamatan Ciniru, memang dikenal sebagai desa yang memiliki kontur berbukit, dan punya banyak mata air.

Setidaknya, tercatat setidaknya ada 12 mata air, beberapa aliran sungai dan air terjun yang masih serba asri.

Gambaran itulah, yang mungkin jadi modal besar untuk Desa Cipedes bisa yakin, akan mengembangkan Eko Agro Wisata baru kedepan, wisata adventure.

Salah satu yang tengah digarap adalah wisata Sungai Purba Cisetra yang punya dua air terjun dari aliran sungai yang berbeda.

Selain kesegaran perairan, keasrian alam dan hamparan sawah juga jadi pemikat luar biasa.

Apalagi, sungai purba yang juga punya mata air panas ini, penuh dengan cerita.

Konon, jutaan tahun lalu sungai ini adalah lautan, yang lalu mencuat karena pergerakan lempengan bumi. Bahkan, pernah ditemukan juga beberapa fosil dan sedimen batu.

Memperkuat hal itu, Kepal Desa Cipedes A Rusdiana atau yang dikenal Kudew (Kuwu Dewan) itu tengah memperkuat kajian geologinya dengan mendatangkan tim dari UI untuk penjajakan kajian awal.

Bahkan pada Rabu (26/1/2022) kemarin, pemdes juga melaunching “Wisata Sungai Purba Cisetra”.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu, wakil ketua DPRD H Ujang Kosasih, Dirut Bank Kuningan dan Kadisporapar. Hadir juga para pegiat wisata, lingkungan dan budaya seperti kewargian sunda Abah Alam yang turut serta membawa perwakilan kewargian sunda kecil dari NTT.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terlihat pula jajaran pengurus KNPI dan karang taruna yang terlihat asik berdiskusi tentang pengembangan digitalisasi wisata melalu promosi media sosial.

“Hal ini membuktikan bahwa desa dengan segala kekayaan typologi alamnya adalah bagian dari kekayaan potensi agro eko dan gowisata yang terbalut oleh berbagai kearifan lokal di Kanupaten Kuningan,” ujar ketua KNPI Kuningan, Yusuf Dandi Asih.

Wisata Desa Sungai Purba Cisetra, lanjut Yusuf atau yang dikenal Crot, adalah bukti dari geliat inovasi masyarakat desa untuk ikut serta meningkatkan potensi wisata dan membuktikan bahwa desa bisa berkarta dengan segala sumberdaya yang ada.

“Nah guys, Bagaimana dengan kalian? Sudah tertarik untuk mencoba hiking ke sungai Purba Cisetra dan menikmati sajian liwet dengan sambal rebung (iwung) dan daun pepaya di bawah saung beratap rumbia di pinggir aliran sungai yang ciamik ? Hayuu gasskeunn brayy !” ajak Yusuf di akhir. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement