Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Tips Belanja Online

KUNINGAN (MASS) – Semakin maraknya platform belanja digital, ditambah kondisi pandemi yang serba meminimalisir kontak langsung membuat onlineshop semakin marak.

Selain penjualnya yang semakin banyak, kebiasaan pelanggan untuk lebih simpel, tidak harus menguras tenaga dan waktu berbelanja memang mendorong ke arah digital.

Namun, seiring dengan semakin besar pengaruh digital, banyak hal yang harus diewaspadai pula dari kegiatan online, seperti berbelanja.

Berikut adalah beberapa tips untuk kalian berbelanja melalui platform digital, atau online shop.

1.Pastikan Akun Penjual

Untuk yang satu ini, kalian bisa memastikan akun penjual dengan cara membeli di akun yang memang anda kenal, atau sudah lama sering bertransaksi dengan anda. Apalagi jika anda berbelanja melalui medsos bukan marketplace.

2.Cek Reputasi Penjual

Untuk anda yang baru berbelanja online, atau membeli di akun yang baru ana temukan, bisa cek terlebih dahulu dari reputasi penjual. Mulai dari rating (di platform marketplace), atau dari komentar para pelanggan (marketplace atau medsos).

3.Baca Deskripsi Barang

Membaca deskripsi barang, sangat penting agar tidak terkecoh. Banyak kejadian, pelanggan terkecoh oleh gambar yang digunakan (misal jual case hp, bukan hpnya). Deskripsi barang, juga bisa jadi acuan, apakah sesuai yang dibutuhkan atau tidak.

4.Sesuaikan Harga

Menyesuaikan harga juga sangat penting. Bandingkan dengan barang di akun yang menjual barang sama.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Adakalanya, pelanggan baru terkecoh melihat harga yang paling murah, padahal bukan diskon atau promo. Bisa juga, pelanggan yang buta harga, diberi harga terlalu mahal. Sesuaikan harga dengan deskripsi.

5.Cermati Syarat dan Ketentuan

Pada event-event tertentu, seringkali penjualan barang memiliki syarat dan ketentuan. Karenanya, penting untuk selalu melihat dna mencermati saat ada kerentuan dan syarat tertentu.

6.Sebisa Mungkin Hindari Transfer Langsung

Untuk meminimalisir penipuan tidak datang barang misalnya, sebisa mungkin hindari transfer langsung ke akun pribadi,kecuali sudah sangat terpercaya atau biasa. Ini biasanya terjadi di medsos.

Penggunaan marketplace, memungkinkan transfer yang dilakukan bukan ke penjual langsung, secara teknis lebih aman. Lebih aman lagi, menggunakan sistem COD.

7.Simpan Bukti Pembayaran

Selalu simpan bukti pembayaran, baik bukti transaksi online maupun kertasnya. Menyimpan bukti pembayaran, akan sangat penting, apalagi jika ada trouble dalam proses.

8.Cek Barang Setelah Dikirim

Setelah barang datang, jangan lupa cek dengan detail. Jangan dulu dibuang resi pengiriman dan sampul barang. Jika ada yang tidak sesuai, sertakan resi, dan sampul barang saat return.

9.Jangan Buang Sembarangan Bekas Paket, Lindungi Data Diri

Setelah transaksi selesai pun, jangan sembarangan buang bekas paket barang. Biasanya, masih ada data diri pribadi. Jika dibuan sembarangan, khawatir ada yang menggunakannya secara tidak baik.

10.Hati-hati Dengan Akun WA yang Mengatasnamakan Pesanan

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kejadian ini cukup banyak terjadi. Beberapa yang mungkin data pribadinya sudah bocor, kadang diteror dengan pesanan barang yang padahal tidak dipesannya.

Kadang, ada pesan WA seolah dari penjual yang memberitahukan konfirmasi pembelian barang (biasanya dengan sistem COD). Jika tidak merasa membeli, WA tidak usah dibalas atau balas saja dengan kalimat tidak memesan. Jangan terpancing dan memberitahukan identitas lengkap anda. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

BNNK

Bappenda

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Terjadinya penurunan level PPKM dari level 4 menjadi PPKM Level 3 yang diterapkan di Kuningan, tidak membuat kegiatan operasi yustisi yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ibu Sarwi (73) salah seorang warga Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan begitu sumringah ketika melihat rombongan Polres Kuningan mendatangi rumahnya. Kedatangan mereka...

Government

KUNINGAN (MASS) – Staf téritorial Kodim 0615/Kuningan meninjau lokasi jalan yang rencananya akan diperbaiki lewat program Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS). Jalan yang akan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Polres Kuningan terus bergerak membantu masyarakat dengan menggelar bakti sosial (baksos) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan....

Advertisement