Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Sport

Tingkatkan Imun, Perbanyak Olahraga !

KUNINGAN (MASS) – Kondisi pandemi saat ini, belum membaik. Karenanya, penerapan protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan saat beraktifitas.

Selain itu, ada hal yang juga tak kalah penting. Meningkatkan immun tubuh. Karenanya, olahraga dan menjaga makanan adalah salah satu cara alami terbaik.

Hal itulah yang juga disampaikan trainer Siliwangi Figheter Camp, Jose Aldo.

Pada kuninganmass.com, Jose Aldo membagikan tips dan trik untuk terus menjaga immun tubuh di masa pandemi.

Jose Aldo, yang juga konsesn di Kick Boxing dan Muay Thai itu, memberikan tips terutama bagi orang-orang yang jarang beraktifitas fisik.

“Harus luangin waktu, seenggaknya seminggu 3 kali,” sebutnya beberapa waktu lalu.

Menurut Aldo, olahraga tidak harus di tempat khusus seperti gym dan tidak perlu memaksakan durasi panjang untuk pemula.

“Di rumah gapapa, bisa di jalan, pekarangan komplek atau di ruangan jogging misal 5 menitan. Tambah push up, sit up jumping jack, atau gerakan-gerakan yang simpel lainnya,” ujarnya sembari menyebut total olahrga bisa hanya 30-45 menitan.

Soal olahraga di luar ruangan, Aldo kurang merekomendasikan terlalu pagi, apalagi di Kuningan yang terlalu dingin. Karena tidak semua ornag punya ketahanan dingin.

Aldo juga tidak menyarankan olahraga terlalu malam lewat jam 9. Disebutnya, malam adalah waktunya untuk istirahat dan regenerasi sel.

Idealnya, masih menurut Aldo, ikut kelas olahraga. Bisa senam, fitness atau beladiri. Tentu dengan trainer yang tepat, yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan tubuh sebelumnya.

Tidak mungkin, sebut Aldo, yang tidak biasa olahraga akan diberikan training yang sama dengan yang sudah biasa. Semuanya bertahap.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Meski begitu, saat tubuh terasa sakit setelah berolahraga. Hari berikutnya harus dipaksakan untuk olahraga kembali agar tubuh tidak manja.

Rasa sakit setelah olahraga, apalagi untuk yang tidak terbiasa olahraga, biasanya karena pecah otot dan sedang regenarasi. Sehingga, baiknya tubuh digerakan kembali saja.

“Abis olahraga, mandinya pake air anget. Selain biar otot gak sakit, juga biar relax. Badan abis olahraga itu kan panas, jadi jangan langsung pake air dingin,” imbuhnya.

Tips selanjutnya, selain olahraga adalah memperbanyak makan buah dan sayuran. Dijelaskan, kebanyakan daging saja tanpa asupan sayuran dan buah, menyebabkan kurangnya elektrolit dalam tubuh, dan badan akan terasa lemas.

“Istirahat juga harus cukup, terutama malem hari. Jangan kebanyakan bergadang. Kadang kan kita suka insom, mainin hp game dan lain-lain. Terus istirahatnya kurang, dan itu ngaruh ke daya tahan tubuh,” tambahnya.

Tidur malam, dijelaskan Aldo tidak bisa diganti oleh tidur waktu lainya. Karena memang malam adalah waktunya otot istirahat.

Biasanya, kalo sudah bergadang, tubuh juga terasa lemas dan butuh waktu menormalkannya lagi. Belum lagi pengaruhnya ke Jantung.

“Tidur malem itu, ya gak bisa diganti tidur siang (atau waktu lainnya, red),” tambahnya di akhir. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

BNNK

Bappenda

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Terjadinya penurunan level PPKM dari level 4 menjadi PPKM Level 3 yang diterapkan di Kuningan, tidak membuat kegiatan operasi yustisi yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ibu Sarwi (73) salah seorang warga Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan begitu sumringah ketika melihat rombongan Polres Kuningan mendatangi rumahnya. Kedatangan mereka...

Government

KUNINGAN (MASS) – Staf téritorial Kodim 0615/Kuningan meninjau lokasi jalan yang rencananya akan diperbaiki lewat program Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS). Jalan yang akan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Polres Kuningan terus bergerak membantu masyarakat dengan menggelar bakti sosial (baksos) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan....

Advertisement