Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Tiga Hari Operasi, 34 Kendaraan Dikandangi

KUNINGAN (MASS) – Operasi  Zebra tahun 2019 akan berlansung selama dua minggu mulai 23 Oktober- 5 November 2019. Dari laporan Bagian Lantas Polres Kuningan hingga hari Jumat sudah ada 34 kendaraan yang diamankan.

Menurut Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Sopyan Efendi,  selama tiga hari total ada 803 pelanggar.  Dengan rincian 694 berupa pemberian surat tilang dan 109 berupa teguran. Mereka  terjaring dalam razia yang dilaksanakan.

“Mayoritas Pengendara yang terjaring razia adalaj tidak mengenakan helm,  tidak membawa surat kelengkapan berkendara dan juga  pengendara masih di bawah umur,” jelasnya kepada wartawan, Jumat usai salat Jumatan.

Diterangkan,  dihari pertama, ada 159 pelanggar yang ditindak tilang dan 54 pelanggar diberi teguran. Lalu, hari kedua 297 pelanggar yang diberi tilang dan 55 pelanggar diberi teguran serta hari ketiga ada 238 pelanggar yang diberi tilang.

“Untuk kendaraan yang sudah diamankan selama tiga hari ini berjumlah 34 kendaraan yang terdiri dari 32 roda dua dan 2 roda empat. Untuk dibawah umur kami tidak beri toleransi langsung angkut dan orang tua datang untuk mengambil,”  ujarnya.

Orang tua yang anaknya dibawah umur lanjut dia,  harus melakuka tandatangan  diatas materai dan apabila membandel maka motornya akan ditahan lebih lama  di atas materai.  Ia menerangkan dari data 50 persen kecelakana lalu lintas adalah adalah anak dibawah umur.

“Jumlahnya ada sekitar 50 persen dan ini terjadi diseluruh Indonesia. Ini harus menjadi perhatian serius semua pihak,” jelasnya.

Sekedar infromasi Razia ini dilakukan guna menekan angka kecelakaa lalu lintas. Sedangkan yang menjadi target dalam sasaran Ops Zebra 2019 yakni, pengendara yang tidak memiliki SIM, kendaraan yang tidak dilengkapi STNK, Melawan arus lalu lintas.

Kemudian,  tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara motor, mengemudikan mobil tidak dengan menggunakan sabuk pengaman, menggunakan HP saat mengemudi, berkendara di bawah umur. Selanjuutnya, berkendara sepeda motor berboncengan lebih dari 2 orang, kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan.

Lalu, kendaraan yang tidak dilengkapi perlengkapan standar, berkendara di bawah pengaruh alkohol, kendaraan bermotor yang memasang sirine atau rotator. Berharap dengan razia pengendarai lebih  tertib dalam berkendara. (agus)

 

 

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Incident

KUNINGAN (MASS) – Laka lantas kembali terjadi di Jalan Raya Kuningan – Cirebon tepatnya di sekitar Pom Manis Kecamatan Jalaksana. Kejadian itu, terjadi hari...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Seorang lelaki asal Desa Cigadung Kecamatan Cigugur diamankan Satuan Reskrim Narkoba Polres Kuningan, Sabtu (19/11/2022) sekitar pukul 14.30 WIB kemarin. Lelaki...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Hari ini, Selasa (8/11/2022) sore, sebuah laga persahabatan digelar di Stadion Mashud Wisnusaputra – Kuningan. Laga itu, mempertemukan dua tim antara...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Sepakbola memang menjadi olahraga yang menyenangkan dan memasyarakat tidak terkecuali bagi para personil Polres Kuningan yang tergabung dalam Linggar FC. Lawan...

Advertisement