Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Incident

Teriak-Teriak Ke Dalam Rumah Tak Ada Yang Menjawab, Yang Keluar Justru Asap Tebal

KUNINGAN (MASS) – Insiden kebakaran terjadi pada hari ini, Kamis (12/1/2023) siang sekitar pukul 09.40 WIB. Yang terbakar, adalah rumah milik Pipih di Dusun Manis Desa Bayuning Kecamatan Kadugede.

Dari keterangan sang anak, Gema Nurul, kebakaran diketahui pada pukul 10.00 WIB. Awalnya, dirinya memanggil-manggil orang tuanya dari luar rumah untuk membantu menurunkan belanjaan.

Tidak ada jawaban, Nurul kemudian masuk ke rumah. Pas pintu terbuka itulah, asap pekat terlihat dari dalam rumah. Nurul kemudian menelpon sang ayah dan berteriak meminta bantuan warga sekitar.

Selang waktu, sang ayah datang dan mengecek sumber asap. Ternyata api berasal dari ruanh kamar tidur belakang. Pemilik rumah, kemudian berusaha memadamkan api dengan menggunakan air dari kamar mandi.

Adapun, usaha pemadaman sendiri jadi lebih terkendali saat dibantu Yoyo Suhoyo, pegawai UPTD DPUTR Kadugede. Yoyo membawa APAR dari kantornya ke tempat kebakaran. Kebetulan dua tempat itu berdekatan.

Sampai pukul 10.06, asap dan titik api masih terlihat. Saksi kemudian melapor ke UPT Damkar Satpol PP Kuningan. Menerima laporan itu, Kepala Damkar M Khadafi Mufti menurunkan 5 anggotanya.

Bersama anggota Polsek, Pemdes, Pegawai DPUTR dan warga sekitar, api berhasil dipadamkan setelah 40 menit berjibaku.

“Setelah dilakukan pendataan, pengumpulan keterangan, kebakaran diduga dari arus pendek listrik (colokan fitting listrik dalam kondisi menyala, disimpan diatas lemari pakaian bahan plastik,menyebabkan panas dan terbakar),” kata Khadafi.

Dirinya mengimbau, warga masyarakat agar mewaspadai setiap potensi terjadinya kebakaran, yang diakibatkan dari arus pendek listrik, tungku/gas, pembakaran sampah dan lain-lain.

“Agar masyarakat menghindari penggunaan colokan yang menumpuk,  gunakan kable listrik yang standar dan lampu listrik yang ber-SNI, untuk menghindari terjadinya konsleting listrik,” pesannya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Apa yang ada di RT 2 RW 1 Kelurahan Cigintung ini, bisa jadi inspirasi dan contoh bagi yang lainnya. Pasalnya, di...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Baru baru ini telah dilaksanakan pelatihan Sertifikasi Fundamental Pajak oleh AR Learning Center, salah satu Lembaga Pelatihan yang berada dibawah naungan...

Health

KUNINGAN (MASS) – Permasalahan perilaku merokok terus menjadi masalah yang perlu diperhatikan bersama, karena tingkat penggunaannya yang masih tinggi termasuk di Kabupaten Kuningan. Hal...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kanit Gakkum Satlantas Polres Kuningan Ipda Sri Martini menerangkan kronologi kecelakaan yang melibatkan ketua KONI Kuningan H Enay Sunaryo MM, Sabtu...

Advertisement