Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Tawa, Haru, dan Sukacita di Hari Pertama Sekolah

KUNINGAN (MASS) – Senin (15/7/2019) merupakan hari pertama masuk sekolah dan suasana pagi di Kabupaten Kuningan sangat kontras dibanding sebelumnya. Sejak jam jam 6 pagi arus lalu lintas padat.

Di Pinggir jalan tampak anak-anak sekolah tengah menanti angkot. Sang supir tampak semangat setelah nyaris sebulan penumpang sepi. Meski ongkos siswa murah. Namun, mereka menjadi andalan supir ditengah menurunnya penumpang karena banyaknya angkutan online di kota kuda.

Dari pantauan kuninganmass.com, khusus untuk suasana di SD banyak pemandangan menarik, dimana banyak orang tua yang mengantar anaknya. Pada saat Mendikbud Anies Baswedan orang tua diwajibkan mengantarkan anaknya ke sekolah dan dipertahankan hingga sekarang.

Momen masuk sekolah dasar menjadi momen penting bagi anak sehingga orang tua memilki peran penting untuk mendampingi. Pemdandang orang tua berkuumpul di teras sekolah pada hari pertama menjadi hal lumrah. Bahkan, bisa sampai sepekan.

Seperti terlihat di SDN Cibulan Kecamatan Cidahu. Para orang tua dengan semangat mengantar anaknya. Begitu bunyi bel terdengar anak-anak kelas 1 masuk ke ruang kelas. Dengan ramah guru pun menyambut mereka.

Namanya anak kecil yang merasakan suasana baru mereka tidak sedikit menatap ke arah pintu dan jendela. Ia merasa belum berani dan terus mencari ibu dan bapaknya. Ibu dan bapkanya yang menanti dari luar terus memberikan semangat.

“Membludak , tuh lihat para orang tua mengantar anaknya. Kalau tahun ajaran baru seperti ini dan ini wajar terjadi disemua sekolah,” ujar Opi Sopiah salah satu guru.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara di SDN 2 Kuningan tidak jauh berbeda. Sejak pintu gerbang dibuka para siswa dan oran tua langsung masuk. Mereka mencari tempat duduk yang strategis.

Di Sekolah yang terletak di Jalan Veteran itu orang tua yang mengantar sangat membludak. Tahun ini sekolah yang dipimpin oleh Hj Esih SPd itu menyediakan tiga rombel sekolah dan pada hari pertama semua siswa baru masuk.

“Kalau saya mengharauskan setiap siswa berganti tempat duduk setiap minggu , sehingga tidak ada istilah rebutan kursi dihari pertama karena setiap siswa bakal merasakan duduk beberbagi titik,” jelas Indri salah satu guru kelas 1.

Sementara itu, para orang tua tampak sangat semangat mengantar anaknya ke sekolah karena ini momen penting bagi anak.  Kesan pertama bagi anak sangat penting sehingga para orang tua harus mendukung.

“Ini momen penting maka saya pun datang untuk mendampingi. Anak pun sangat semangat ke sekolah karena bertemu teman baru dan suasana baru,” ujar Trisye. (agus)

 

Advertisement. Scroll to continue reading.

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama pada hari pertama tahun ajaran baru 2020/2021 melakukan  monitoring ke beberpa sekolah. Orang nomor satu di kota...

Government

KUNINNGAN (MASS)- Untuk mengecek Hari Pertama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Wilayah Kabuapten Kuningan, Kapolres Kuningan bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Kuningan dan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pasca dilepas oleh Bupati Kuningan di di depan halaman Setda Kuningan para petugas baik ojol maupun petugas pos sukses melaksanakan tugas...

Government

KUNINGAN (MASS)- Meski pemerintah sudah memberikan cuti lebaran kepada para PNS. Namun nyatanya masih banyak PNS yang bolos kerja di hari pertama pasca liburan....

Advertisement