Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Susanto: Kuningan Termiskin Itu Akibat Menjamurnya Pasar Modern

KUNINGAN (MASS) – Satu pernyataan cukup nyeleneh tapi masuk akal terlontar dari salah seorang anggota DPRD Kuningan, Susanto. Politisi PKB ini menduga, Kuningan juara dalam kemiskinan se Jabar diakibatkan menjamurnya pasar modern.

“Ini persepsi saya ya, banyaknya orang miskin di Kuningan karena menjamurnya pasar modern, yang membuat para pedagang kecil jadi empot-empotan pendapatannya,” ujar wakil rakyat asal Ciherang Kadugede itu, baru-baru ini.

Pedagang kecil, imbuhnya, tak kuat bersaing dengan pemodal besar. Terlebih dimasa pandemi, membuat usaha mereka jadi terseok-seok.

Pasar modern yang dimaksud, diantaranya seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Putra Cimahi Group dan lainnya. Ia menyesalkan semakin menjamurnya pasar modern semisal di Jl Veteran, Jl Kadugede serta di banyak titik strategis lainnya.

“Solusinya ya eksekutif dan legislatif duduk bersama. Diskusikan bagaimana mengentaskan angka kemiskinan di Kuningan ini,” saran Susanto.

Untuk mengurangi jumlah pasar modern, menurut dia kurang memungkinkan. Yang dapat dilakukan sekarang ini jangan sampai menambah lagi jumlah sehingga usaha masyarakat kecil jadi semakin sempit.

Susanto mengiyakan bupati sempat mengeluarkan kebijakan moratorium pasar modern, termasuk moratorium perumahan. Namun kenyataannya justru kian menjamur.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang diperoleh kuninganmass.com, banyak pasar modern yang dimiliki para pejabat tinggi. (deden)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Sengaja saya buka narasi soal Kabupaten Kuningan ini dengan judul dari Kabupaten Seremonial sampai Kabupaten Termiskin karena berangkat dari sinilah kegelisahan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Terkait isu Kuningan Termiskin se Jabar dari sisi Indeks Kedalaman Kemiskinan, salah seorang wakil rakyat asal PBB, Julkarnaen, angkat bicara. Namun...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Keseriusan Pemkab Kuningan dalam menyikapi “sentilan” Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait Indeks Kedalaman Kemiskinan, ditunjukkan. Dalam beberapa hari ini para pejabatnya...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Indeks kemiskinan meningkat di beberapa daerah di Jawa Barat. Kedalaman kemiskinan mengalami sedikit lonjakan yakni dari 0,6 sampai 1,98. Menurut Ridwan...

Advertisement