Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Supir Elf Kalahkan Incumbent, Hanya Selisih 13 Suara

KUNINGAN (MASS)- Bukan hanya kisah menarik Lia calon kades termuda yang terpilih dalam Pilkades Serentak 2021, tapi juga kisah  Dani Hamdani di Pilkades Cipasung Kecamatan Darma.

Menariknya buka karena incumbent kalah, karena selain Nanang Nuryadi SAg, ada 24 petahana lainnya yang tumbang, sehingga tidak merasa sendiri.

Mengenai faktor menarik adalah Dani berprofesi  sebagai supir elf Rukun Sawargi. Tidak ada yang menduga sama sekali.  Bahkan, yang membuat warga terhenyak adalah selisih kemenangan hanya 13 suara.

Dani meraih suara 804 dan Nanang 791 suara. Tentu kalau meminjam istilah ABG adalah ”sakitnya tuh di sini”. Karena lebih baik kalah dengan selisih ratusan, tapi inilah pertarung politik harus ada yang menang dan kalah.

“Iya supir elf. Uniknya, kondisi terulang pada  Pilkades 2015, saat itu Pak Nanang yang menang dengan selisih suara yang sama,” ujar Camat Darma Eko Yuyud Mahendra, Selasa (30/11/2021).

Calon yang bertarung di Cipasung adalah 4 orang, selain Dani dan Nanang, ada dua lainnya yakni Edi Sutarto dan Elis Listianti SF MH MKn.

Sekadar informasi banyak yang calon yang bergelar S3,S2,S1 yang kalah oleh calon yang tidak mempunyai titel. Hal ini membuktikan di masyarakat yang dibutukan adalah bekerja dan komitmen memajukan desa.

Terpisah, Kabid Pemdes DPMD Kuningan Ahamad Faruk menyebutkan, dalam Pilkades 2021 ada 44 petahana yang maju kembali, dari jumlah itu hanya 19 orang yang menang.

“Sisanya sebanyak 25 yang harus menerima kenyataan tidak dipilih lagi oleh warga,” ujarnya.

Mengenai total calon adalah 215 orang, dengan rincian 187 laki-laki dan yang menang 69 orang. Sedangkan  calon perempuan ada 28 orang, 9 orang diantaranya menang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain Lia calon kades termuda, juga ada calon kades terpilih tertua adalah Kursad yang mengikuti Pilkades Sukajaya Kecamatan Cimahi .

“Ia kini berusia 70 tahun 22 hari,” ucapnya.

Dalam kesempatn itu, Faruk menerangkan, partisipasi terendah jatuh ke Desa Cikaduwetan Kecamatan Luragung yang hanya 51,87 persen.

Sementara tertinggi Desa Cidahu Kecamatan Pasawahan 91,90 persen. Sedangkan peroleh suara tertinggi milik Kades Sukaimut 96,75 persen dan terendah Desa Pasawahan 0,07 persen. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement