Persiapan Semakin Matang, Tour de Linggarjati Siap Digelar

KUNINGAN (MASS)- Dalam waktu kurang dari seminggu, even balap sepeda Tour de Linggarjati 2019 akan digelar di Kabupaten Kuningan. Berbagai persiapan yang telah dilakukan sejak Bulan Juli 2019 semakin matang menjelang penyelenggaraan perhelatan tahun ke lima.

Dari segi acara, selain acara utama yaitu balap sepeda, panitia juga telah merancang sejumlah acara pendukung untuk memeriahkan TdL 2019. Rangkaian acara TdL 2019 akan diawali dengan welcome party yang akan digelar pada hari Kamis, 12 September 2019 di salah satu hotel berbintang di Kabupaten Kuningan, Grand Cordella.

Acara ini akan dimeriahkan oleh penampilan musik tradisional angklung dari Sekolah Yos Sudarso . Selain itu 2 acara yang dipersembahkan untuk menghibur masyarakat juga telah dipersiapkan dengan baik, yaitu Hiburan Rakyat TdL pada tanggal 13 September dan Festival TdL yang akan dibuka pada hari Sabtu, 14 September 2019.  Kedua acara ini menggabungkan hiburan musik tradisional dan modern.

“Festival TdL 2019 juga akan menghadirkan kuliner khas Kuningan di sepanjang Jalan Dewi Sartika yang popular sebagai pusat kuliner Kuningan,” ujar Ketua TdL Agus Sadeli MPd.

Dikatakan, sebagai upaya memperkenalkan sektor pariwisata, panitia pun telah mempersiapkan program city tour yang akan membawa para peserta mengunjungi objek wisata Kebun Raya Padabeunghar, Situ Ciceurem dan Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur.

Selanjutnya, sebagai wujud kepedulian sosial, panitia TdL 2019 bekerja sama dengan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih akan mengadakan pengobatan gratis dan donor darah pada hari Minggu  15 September 2019.

Hingga hari ini, Kamis, 5 September 2019, sejumlah peserta telah tercatat untuk berpartisipasi dalam berbagai kategori TdL 2019.

Diterangkan, peserta yang turun di kategori Men Youth berjumlah 61 orang, Men Junior berjumlah 54 pembalap, dan Men Elite berjumlah 99 pembalap. Pada kategori Master A tercatat 31 orang pembalap akan turun berlaga dan 53 orang akan turun di kategori Master B. 32 orang pembalap akan beradu kecepatan pada kategori Boy Challenge.

Selanjutnya, 20 pembalap telah terdaftar untuk bertanding dalam kategori Women Youth, 15 orang dalam kategori Women Elite dan 20 orang akan bertanding pada kategori Girl Challenge. Selain itu, jumlah peserta fun bike yang telah terdaftar kurang lebih 4.000 peserta.

“Secara keseluruhan, rute yang akan dilalui oleh peserta lombaa meliputi 23 kecamatan dan 117 desa/kelurahan di Kabupaten Kuningan.,” tambahhnya.

Agus yang juga ketua ISSI Kuningan menyebutkan, TdL 2019 dikemas untuk memperkenalkan sports tourism sebagai icon Kabupaten Kuningan. Selain sebagai event olahraga sepeda, TdL 2019 juga dilengkapi dengan acara sosial, penampilan seni tradisional, promosi sektor pariwisata dan kuliner khas Kuningan.

Dengan persiapan yang matang dan antusiasme peserta maupun masyarakat dalam menyambut gelaran ini, TdL 2019 ini diharapkan akan terselenggara dengan lancar dan lebih sukses penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com