Tanpa Speaker, Maulid Lebih Khidmat

SUBANG (MASS) – Masih dalam suasana maulid nabi, Ponpes Bani Hasan Desa Situgede Kecamatan Subang menggelar peringatan maulid nabi. Uniknya, peringatan maulid nabi tersebut tetap tumpah ruah tanpa adanya pengeras suara.

Peringatan yang dilaksanakan di pondok pesantren yang dipimpin oleh Kiyai M. Nawawi dan Kiyai Muhibudin pada Selasa (12/11/2019) malam tersebut, dihadiri para warga yang larut dalam khidmat akan mengenang rosul.

M Amarudin salah satu panitia tersebut mengaku memang lazim tidak berspeaker di daerahnya.

“Listrik mah sudah ada, tapi ya disini memang tidak pakai, di musholla, masjid juga, terus ya ini mah khidmat aja, takdzim,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain dilakukan marhabanan, juga menghadirkan penceramah dari kota Bogor Kh. Abdurrohman. Dalam paparannya, penceramah tersebut mengajak bukan hanya memperingati kelahiran, tapi juga mengikuti ajarannya.

“Uswatun hasanahnya yang harus kita contoh, sifat-sifatnya, bukan hanya peringatannya,” paparnya dalam ceramah.

Di Desa Situgede sendiri, penggunaan alat pengeras suara terutama di tempat ibadah memang tidak dipergunakan. Selain karena alat pengeras suara hanya teknologi tambahan dan tidak diwajibkan dalam beribadah, dikarenakan tradisi dan untuk kekhidmatan pengeras suara tidak dipakai terutama di tempat ibadah. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com