Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup I Dilaunching

KUNINGAN (Mass) – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH resmi melaunching Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup I tingkat kabupaten di Pendopo Kuningan, Selasa (20/12). Even yang digagas Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kuningan itu, sekaligus mendeklarasikan penyelenggaraan kejurkab pencak silat oleh puluhan pimpinan paguron sewilayah Kuningan.

Ketua Pengcab IPSI Kuningan DR Ukas Suharsaputra menyebutkan, pada kesempatan ini hadir sebanyak 26 pimpinan paguron sewilayah Kuningan diantaranya Paguron Merak Emas, Macan Hitam, Pusaka Mande, Bima Suci, Putra Ciremai, Merpati Putih, Perisai Diri, Sinar Mendal, Pajajaran Cimande, Pajajaran Nasional, Sinar Muda, Tumaritis dan lainnya.

“Dari sekian paguron itu baru sebagian, dari total ada sekitar 63 pugoran yang belum terstruktur secara keseluruhan. Ini merupakan kekayaan pencak silat di Kuningan, semoga kedepan bisa mewujudkan kuningan sebagai kabupaten silat,” ucapnya.

Pihaknya juga menyampaikan, rasa terimakasihnya kepada Bupati Kuningan yang telah berkenan untuk memfasilitasi para pesilat, bagi keberlangsungan kegiatan pencak silat Kuningan.

“Sepanjang sejarah persilatan di Kuningan, baru kali ini kita benar-benar diperkenankan untuk menggelar kegiatan pencak silat di Pendopo. Insya Allah, semua bentuk perhatian dari Pak Bupati kepada kita sebagai pelaku silat dan para sesepuh silat, bisa menjadi amal baik dan dibalas dengan kebaikan berlipat oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Sementara Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH sangat mengapresiasi dan menyambut baik, even Kejurkab Pencak Silat Bupati Cup I yang direncanakan pada 23 Desember mendatang. Semoga, kegiatan tersebut bisa terselenggara dengan baik dan lancar.

“Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah Kuningan menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya, kepada IPSI Kuningan, seluruh Paguron Silat sewilayah Kuningan, dan tokoh-tokoh silat yang telah berkomitmen terus melestarikan silat di Kuningan. Kita sudah membuktikan beberapa waktu lalu ada silaturahmi akbar seluruh paguron silat di Kuningan, kita berangkat dari halaman Pendopo menuju Taman Kota Kuningan berjalan kaki, dan itu menandakan cikal bakal kebangkitan silat Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Saat itu pula kata Bupati Acep, ada deklarasi untuk menjadikan Kuningan sebagai kabupaten Silat. Mudah-mudahan, komitmen itu bisa segera terwujud dengan adanya beragam agenda pencak silat dalam melestarikan kebudayaan daerah di Kabupaten Kuningan. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com