Community TB-HIV Care Dibentuk

KUNINGAN (Mass) – Pengurus Daerah (PD) Aisyiyah dipercaya Global Fun menjadi pelaksana program TB HIV Care Indonesia. Sebagai pelaksana program, PD Aisyiyah resmi membentuk Community TB HIV Care belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, acara pembentukan dihadiri langsung Ketua PD Muhammadiyah Kuningan, Ketua PD Aisyiyah Kuningan, perwakilan dari PKK Kuningan, perwakilan empat Puskesmas yakni Kuningan, Windusengkahan, Jalaksana dan Puskesmas Maleber. Dalam rapat itu, PD Aisyiyah sekaligus melakukan rekruitmen kader community TB HIV Care.

“Ruang lingkup Community TB-HIV Care yaitu dalam program penanggulangan TB-HIV berbasis masyarakat. Program ini menggunakan sumber daya yang ada di perserikatan Muhammadiyah, Aisyiyah dan dari masyarakat,” kata Kepala SSR Community TB-HIV Care Kuningan Nourma Nurjanah kepada awak media.

Dikatakan, untuk meningkatkan angka penemuan kasus (Case Notificatiom Rate) dan angka kesembuhan pasien (Succes Rate) di unit pelayanan kesehatan pemerintah dan non pemerintah, dengan pengelolaan masyarakat (kader), dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat melalui komunitas peduli TB-HIV Care di tiap daerah.

Ketua Umum PD Aisyiyah Kuningan Hasanah Arifin mengatakan, program kerjasama ini merupakan dakwah Aisyiyah dalam bidang kesehatan.

“Dakwah kita bukan hanya dari masjid ke masjid melalui pengajian, tapi kita juga bergerak dalam sektor riil langsung membantu masyarakat dalam meningkatkan kesehatannya. Kami berharap, program ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kuningan, dan bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Ketua Umum PD Muhammadiyah Kuningan Wahid sangat mengapresiasi program Aisyiyah ini. Semoga, program ini kedepan bisa dilaksanakan dengan baik, menjadi lahan dakwah untuk Indonesia berkemajuan.

“Bahkan, saya kira hal ini sebagai kado juga buat Muhammadiyah Kuningan yang telah menginjak 104 Tahun. Dimana, Aisyiyah ini sebagai organisasi otonom Muhammadiyah pertama yang didirikan KH Ahmad Dahlan,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com