Biaya ‘Jalan-jalan’ Kuwu ke Pangandaran Perlu Diaudit?

KUNINGAN (Mass) – Terkait agenda ‘jalan-jalan’ para kuwu hingga pemerintahan kecamatan se Kabupaten Kuningan ke Pangandaran yang difasilitasi PD BPR Kuningan, mendapat kritikan pedas dari Ketua Forum Telaah Kebijakan Daerah (F-Tekad) Soejarwo BA. Bahkan Soejarwo menilai, biaya yang dipergunakan untuk memfasilitasi kegiatan ke pangandaran itu perlu dilakukan audit.

“Terkait biaya ‘tamasya’ dengan klaim BPR merupakan Dana Promosi yang berasal dari laba perusahaan, tentunya masih perlu didalami oleh pihak-pihak berkompeten dalam melakukan audit terhadap BUMD tersebut. Jika hasil audit ada temuan dan BPR tidak dapat mempertanggung-jawabkannya, tentunya berbagai sanksi sudah siap untuk dijatuhkan ke jajaran direksi BPR,” ucap Ketua F-Tekad Soejarwo BA saat memberikan keterangan pers kepada kuninganmass.com, Senin (17/4).

Terlebih kata Ewo sapaan akrabnya, munculnya penjelasan baik dari jajaran BPR maupun dari unsur pimpinan Komisi II DPRD Kuningan terkait kegiatan ‘tamasya bersama’ para kuwu ke Pangandaran yang didanai BPR, diharapkan bukan sekedar ‘pemanis komunikasi’ belaka.

“Sekecil apapun, kita dituntut untuk percaya pada pernyataan para wakil rakyat di Komisi II, yang mengaku sudah melakukan persidangan dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama jajaran BPR. Jika terungkap fakta, jika apa yang diutarakan pimpinan Komisi II mengandung nilai kebohongan dari hasil RDP tadi, masyarakat berhak unt kehabisan kepercayaan pada wakilnya yang ada di lembaga legislatif,” tegasnya.

Lebih jauh, Ewo juga sempat mengomentari soal kehadiran Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dalam agenda pertemuan para kuwu tersebut. Namun, kehadiran Bupati Acep pada kegiatan itu dinilai dalam kapasitasnya sebagai bupati sekaligus pemilik BUMD.

“Jadi ya tidak patut dipersalahkan, selama dalam pertemuan tersebut tidak terjadi dialog politik. Kalaupun terjadi, hal itu tidak bisa dikategorikan suatu pelanggaran,” ujarnya.

Sebab apa lanjut Ewo, hingga saat ini Acep belum ditetapkan sebagai calon dalam perhelatan Pilkada 2018 nanti. Walaupun memang, secara pribadi Acep telah menyatakan sikapnya untuk maju pada perhelatan Pilbup kedepan. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com