Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Seleksi Aparat Desa Paling Transparan se Indonesia

LEBAKWANGI (MASS) – Seleksi calon aparatur desa yang dilaksanakan di Desa Manggari Kecamatan Lebakwangi berbeda dari biasanya. Panitia menghadirkan tim penguji independen yang dirahasiakan sebelumnya guna menghindari upaya kurang jujur dari peserta.

Bukan hanya itu, penilaian para calon yang akan menduduki jabatan kaur kesra tersebut pun dilakukan secara terbuka. Bahkan digelar live streaming youtube channel desa agar semua orang, khususnya warga Manggari, dapat menyaksikan secara langsung prosesnya.

“Kan ada tes tulis, tes komputer dan tes pidato. Semuanya terbuka, ada live streamingnya juga. Dan penilaiannya pun dilaksanakan pada waktu itu juga dan langsung diumumkan. Benar-benar transparan,” ujar Yaya, tokoh masyarakat desa setempat.

Yaya yang kebetulan anggota DPRD Kuningan sampai mengungkapkan, agenda seleksi tersebut dinilainya paling transparan se Indonesia. Ia mengapresiasinya lantaran sudah saatnya pemilihan aparat desa bukan atas dasar like and dislike melainkan memilih orang yang terukur dan punya kemampuan.

“Pemilihan kayak gini saya kira tergolong pertama di Indonesia, dan bisa dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya di Kuningan,” kata politisi PKS tersebut.

Peserta seleksi itu sendiri sebanyak 4 orang. Sejak pukul 13.00 sampai petang, proses seleksi berlangsung lancar di balai desa. Pengumpul nilai tertinggi atas nama Zezen Zaenudin.

Kades Manggari, Marini pun merasa puas sekaligus terharu. Sebab menurut dia itu merupakan sejarah bagi desanya. Ide panitia seleksi dengan menghadirkan tim independen, membuat proses berjalan sangat transparan.

“Tim independennya disembunyikan dulu. Saya sendiri, kadesnya, baru mengetahui tadi. Ini sejarah. Karena sebelumnya, pemilihan aparatur desa tidak seperti ini,” tandasnya. (deden)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KALIMANGGIS (MASS) – Masyarakat Desa Cipancur dan Partawangunan Kecamatan Kalimanggis merasa keberatan atas pemasangan tiang listik di lahan milik mereka. Pasalnya, pemasangan tersebut tanpa...

Sport

LEBAKWANGI (MASS) – Wajah Kecamatan Lebakwangi, tepatnya di Perempatan Oleced bakal dipercantik. Alun-alun Desa Manggari yang sebelumnya terkesan kumuh, akan dibangun Lapangan Voli plus...

Business

KUNINGAN (MASS) – Program peternakan sapi dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) bank BJB untuk tahap 2 rupanya tersendat. Calon penerima bantuan kredit tersebut hingga...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Kondisi pandemi yang masih melanda di negeri Indonesia, membuat semua sektor hajat hidup orang banyak terdampak dan mengalami hambatan yang sangat...

Advertisement