Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Sekolah Ini Rutin Gelar Manasik Haji

KUNINGAN (Mass)- Untuk kesekian kalinya MTs Negeri 3 Kuningan di Jalan Mayasih No 880 Cigugur menyelenggarakan praktek Manasik Haji pada hari Sabtu (11/3/2017). Seluruh guru dan siswa terlibat langsung dalam agenda tahunan tersebut.

Dengan bimbingan para guru siswa diperkenalkan serta mempraktekan rangkaian manasik laiknya pelaksanaan ibadah haji. Kegiatan yang dilakukan dari jam 08.00-11.00 berjalan tertib dan khidmat, serta tampak para siswa mengikuti acara ini dengan penuh antusias.

Rangkaian kegiatan manasik ini dimulai dengan diberikan penjelasan tentang tata cara serta rukun haji kepada para siswa, dilanjutkan dengan praktek prosesi hajjian.

Dengan menggunakan pakaian ihrom para siswa mengawali proses ibadah  haji dengan mengambil miqot dimulai dari kelas masing-masing dibimbing oleh wali kelas yang bertindak sebagai ketua rombongan (karom). Gema talbiyah bergemuruh tak henti-hentinya mengiringi perjalanan para peserta manasik.

Kemudian bergerak menuju arofah untuk melaksanakan wukuf. Setelah itu melakukan mabit serta mengambil batu kerikil untuk persiapan lempar jumroh di tahapan berikutnya.

Usia melontar jumroh selesai, para jamaah melakukan thawaf ifadah. Kemudian rukun berikutnya adalah sa’i dan tahalul.

Diakhir prosesi dengan meminum air zam-zam. Semua praktek manasik tersebut diupayakan mirip dengan pelaksanaan haji sehingga siswa akan lebih faham dan bersemangat dalam mempelajarintya.

Menurut Ketua Panitia Dra Hj Ika Mahmudah menjelaskan bahwa kegiatan manasik ini untuk memperkenalkan praktek menunaikan ibadah haji dengan tidak hanya memberikan teorinya saja, namun  disertai dengan prakteknya secara langsung.

“Besar harapan dengan kegiatan ini siswa lebih memahami rangkaian ibadah haji, serta menumbuhkan motivasi kepada siswa untuk melaksanakan kewajiban rukun islam yang ke-5 kelak dikemudian hari,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Kepala Bidang Humas EngKos Kosim Abdullah menuturkan bahwa kegiatan yang digagas oleh Drs H Iman Nuryaman, MA ini merupakan agenda rutin tahunan dan mudah-mudahan bisa terus dilanjutkan oleh Kepala MTsN 3 Kuningan berikutnya.

“Banyak manfaat serta menjadi memotivasi baik untuk para siswa maupun guru-guru yang belum menunaikan ibadah haji,” jelas Engkos. (agus).

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 410 jemaah haji kloter 9, tiba di Terminal Kertawangunan Kuningan, hari ini, Kamis (21/7/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan tamu...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Jemaah haji asal Kabupaten Kuningan, dijadwalkan kembali ke tanah air mulai tanggal 21 Juli 2022 mendatang. Hal itu, disampaikan Kasi Haji...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kabupaten Kuningan, akan segera memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT). Tempatnya di komplek belakang area KIC (Kuningan Islamic...

Government

KUNINGAN (MASS) – Waiting list, daftar tunggu pemberangkatan haji calon jemaah haji Kuningan, bisa makin panjang jika pembatasan kouta haji terus diberlakukan. Pasalnya, sebelum...

Advertisement